Penuhi Kebutuhan Domestik, 2 Mini LNG Akan Dibangun

Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro dalam jumpa pers di Departemen ESDM, Senin (30/3), mengemukakan, terminal mini tersebut diperlukan untuk mengatasi kemungkinan terjadinya defisit gas di dua daerah tersebut pada 2011-2014.

Terminal mini LNG di Sumatera Utara perlu dibangun mengingat pasokan gas untuk Medan dan PLTGU Belawan tidak dapat dipenuhi dari lapangan migas di sekitarnya. Sedangkan untuk Jawa Barat, terminal mini LNG akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik di Muara Karang dan Tanjung Priuk.

”Memang akan ada tambahan gas dari Lapangan Pertamina dan ternyata lapangan itu juga tidak cukup untuk menyuplai daerah Sumatera Utara terutama untuk PLTGU Belawan,” jelas Purnomo.

Pembangunan terminal mini LNG di Sumatera Utara akan dilakukan oleh PT PGN (Persero). Dirut PT PGN Hendi Prio Santoso menambahkan, pembangunan terminal mini LNG ini dapat dilakukan oleh PT PGN sendiri atau bekerja sama dengan pihak lain. Terminal mini LNG tersebut dapat dipindah-pindah dan mampu digunakan untuk jangka menengah dan panjang.

Sedangkan untuk terminal mini di Bojanegara akan dibangun oleh konsorsium PT PGN, PT PLN dan PT Pertamina.

Selain membangun terminal mini LNG, untuk mengatasi defisit di Jawa Barat, pemerintah juga mendorong pembangunan pipa dari Gresik-Semarang-Cirebon-Muara Bekasi yang izinnya telah diberikan pemerintah. Untuk pipanisasi ini, pemerintah tengah menunggu konfirmasi pasokan dari Exxon dan Pertamina Cepu.

”Kita akan minta kepada Pertamina dan Exxon Cepu untuk secepatnya memberikan konfirmasi pengembangan gas di Cepu, sehingga pembangunan pipa yang dibangun dari Gresik ke Semarang dapat segera dibangun,” kata Purnomo.

Pemerintah juga menjajaki kemungkinan untuk mencari spot kargo LNG. Suplai gas dalam jumlah besar baru akan dapat digunakan pada 2014 mendatang dari sejumlah lapangan di Kaltim, Masela dan Tangguh.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.