Penuhi Kebutuhan, Pemerintah Optimalkan Pasokan Gas dan Tingkatkan Infrastruktur

Untuk mengoptimalkan pasokan gas bumi, kata Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh ketika membuka Business Forum Indogas 2011 di JCC, Senin (24/1), kebijakan pemerintah ditujukan untuk mendorong eksplorasi di daerah frontier, laut dalam dan pengembangan gas unconventional seperti gas metana batu bara (CBM).

Menurut dia, keberhasilan dalam meningkatkan pasokan gas secara conventional dan unconventional, tidak hanya menguntungkan permintaan domestik, tetapi juga membuka peluang ekspor dan dukungan untuk pasar regional.

”Dengan teknologi yang tepat, gas flare dapat dikonversi sehingga dapat digunakan untuk listrik dan gas kota,” tambahnya.

Sementara itu, untuk meningkatkan penggunaan gas untuk domestik, pemerintah mendorong pembangunan infrastruktur gas alam. Antara lain dalam bentuk FSRU dan pembangunan jaringan pipa transmisi dan distribusi.

”Pemerintah mendorong swasta untuk berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur yang diperlukan,” kata Darwin.

Business Forum Indogas 2011 dibuka oleh Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh dan dihadiri oleh para pejabat seperti anggota Komisi VII DPR Satya W. Yudha, Dirjen Migas Kementerian ESDM Evita H. Legowo, Kepala BPMIGAS R. Priyono dan stakeholder.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.