Pengusaha China Tertarik Berbisnis di Indonesia

Demikian benang merah Indonesia’s Oil and Gas Seminar and Exhibition di Shanghai yang berlangsung 20 September lalu serta dihadiri oleh Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh dan Dirjen Migas Kementerian ESDM Evita H. Legowo.

“Menurut pengusaha China, atmosfer investasi di Indonesia sedang bagus-bagusnya,” kata Dirjen Migas Kementerian ESDM Evita H. Legowo.

Dalam acara ini, dipaparkan mengenai kebijakan dan tantangan di hulu dan hilir migas, kebijakan di bidang keuangan dan proyek-proyek migas di Indonesia. Antara lain disampaikan bahwa prospek eksplorasi dan pengembangan migas di Indonesia masih cukup bagus. Ini ditunjukkan dari banyaknya temuan eksplorasi migas yang disetujui rencana pengembangan lapangannya (PoD). Dan terkait pencapaian target lokal konten barang dan jasa sebesar 91% pada tahun 2025, investor China diharapkan membangun pabrik-pabrik pipa di Indonesia.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan 4 kerja sama bisnis yaitu MoU antara PT Pertamina (Persero) dengan North Cargo mengenai kerja sama distribusi pelumas dan Mou antara PT Elnusa Tbk, PT Multi Guna Laksindo serta Wenzhou Husite Environment Protection Co. Ltd mengenai pembuatan, manufaktur dan pemasaran vertical pump dan supporting instruments.

Perjanjian usaha patungan antara PT Dhiva Inter Sarana dengan Henyang Hongling Petroleum Pipe Co. Ltd mengenai perjanjian kerja sama pendirian perusahaan yang bergerak di bidang threading/penguliran OCTG untuk minyak dan gas serta perjanjian penunjukan agen tunggal antara PT Dhiva Inter Sarana dengan Hengyang Steel Tube Group Tunggal International Trading Inc sebagai sole agent.

Seminar dan pameran di Shanghai ini merupakan bagian dari roadshow Kementerian ESDM di tiga negara yaitu China, Inggris dan Jerman. Kegiatan ini rencananya akan dilakukan hingga Oktober 2010. Roadshow diikuti oleh instansi terkait seperti Kementerian Keuangan, BPMIGAS, BPH Migas, BUMN migas, KADIN dan IPA serta perusahaan migas swasta seperti Medco Energi Internasional.

 

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.