Pengurangan Subsidi Tak Terkait Produksi

Dikatakan Purnomo pada rapat kerja dengan Komisi VII DPR mengenai rencana kenaikan harga BBM dan bantuan langsung tunai (BLT), Kamis (22/5), kenaikan BBM dilakukan sejak dulu demi menegakkan prinsip-prinsip keadilan serta mengurangi penyalahgunaan BBM.

"Jadi tidak hanya dilakukan sekarang ketika produksi turun, tapi sejak dulu ketika produksi tinggi," katanya.

Dalam rapat kerja kali ini, hadir pula Anggito Abimanyu dari Departemen Keuangan dan wakil instansi terkait lainnya seperti Departemen Sosial.

Menurut Anggito, 70% dari subsidi BBM hanya dinikmati oleh 40% penduduk kelas atas di Indonesia. Kenaikan BBM justru akan mengalihkan kenikmatan yang selama ini dinikmati oleh kelompok kelas atas ke masyarakat miskin.

Rapat kerja Komisi VII DPR dengan pemerintah kali ini berjalan cukup ramai.  Anggota DPR terpecah dalam dua kelompok, ada yang menyetujui kenaikan BBM karena hal ini telah dimungkinkan dalam UU No 16 Tahun 2008 tentang APBN-P, namun sebagian menyatakan tidak setuju karena memberatkan masyarakat.

Tjatur Sapto Edy menilai Presiden tidak menepati janjinya untuk tidak menaikkan harga BBM. Ia juga meminta agar pemerintah membuat roadmap energi.  Sedangkan Agusman Effendi mengharapkan agar pemerintah membuat kebijakan energi demi memperkuat ketahanan energi, sebagai antisipasi jika terjadi hal-hal seperti sekarang ini.

Pertemuan itu akhirnya sepakat untuk tidak membuat kesimpulan karena kebijakan mengenai BBM merupakan domain pemerintah. Namun Komisi VII DPR mengingatkan pemerintah, antara lain bahwa kenaikan harga BBM akan memberikan dampak sosial dan ekonomi yang memberatkan masyarakat. Selain itu, kenaikan harga BBM agar menjadi pelajaran bagi pemerintah maupun DPR untuk introspeksi dan mengevaluasi secara menyeluruh kebijakan dan program sektor ESDM.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.