Pencapaian Subsektor Migas Pada Satu Tahun KIB II

Pencapaian subsektor migas adalah:

1.Program pembangunan receiving terminal LNG berupa rencana pembangunan 3 receiving terminal LNG di Jawa bagian Barat, Sumatera Utara dan Jawa Timur atau Jawa Tengah. Untuk Jawa bagian Barat, telah ditandatangani kontrak jual beli LNG dan gas bumi untuk PLN dengan volume gas sekitar 240 MMSCFD. Untuk Sumatera Utaram dalam tahap negosiasi pasokan LNG. Sedangkan untuk Jawa Timur atau Jawa Tengah, masih dalam tahap studi kelayakan dan penentuan lokasi.

2. Studi medium and small scale receiving terminal LNG. Studi dilakukan di Bali, Sulawesi, Sumatera dan beberapa daerah lainnya. Dalam waktu dekat, studi diharapkan sudah dapat diselesaikan. Namun hasil sementara telah diperoleh.

3. Program pemanfaatan gas bumi untuk bahan bakar angkutan umum perkotaan dan rumah tangga. Program pemanfaatan gas bumi untuk angkutan umum dilaksanakan di Palembang, Surabaya dan Denpasar. Sedangkan gas bumi untuk rumah tangga berupa pembangunan jaringan pipa di Depok, Bekasu, Sidoardjo dan Tarakan.

4. Program penghematan BBM bersubsidi berupa soft campaign di SPBU maupun tempat-tempat umum lainnya yang isinya mengingatkan masyarakat bahwa BBM bersubsidi ditujukan untuk masyarakat yang kurang mampu, memperbanyak dispenser BBM non subsidi dan melakukan pengkajian pembatasan pengguna BBM bersubsidi.

5. Program peningkatan pemanfaatan gas bumi untuk domestic berupa pemanfaatan gas bumi untuk dalam negeri mencapai 50,3%. Secara kontraktual, alokasi gas bumi untuk domestik mencapai 65%. Namun kontrak itu masa berlakunya berbeda-beda, ada yang mulai bulan depan, ada pula yang berlaku tahun depan.

6. Revisi UU Migas. Telah dilakukan diskusi internal maupun seminar yang melibatkan stakeholder, akademisi dan pengamat. Hasil diskusi dan seminar ini menjadi bahan pembuatan naskah akademis revisi UU Migas.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.