Pemotongan Produksi OPEC Pengaruhi Harga Minyak September

Hal lainnya adalah kekhawatiran pasar mengenai kemungkinan terjadinya sejumlah badai dalam musim badai di wilayah Atlantik yang berlangsung hingga akhir November 2009 mendatang. Badai ini dikhawatirkan dapat berdampak terhadap terganggunya kegiatan offshore dan kilang di wilayah sekitar pantai Atlantik.

Indikasi semakin membaiknya perekonomian dunia yang ditunjukkan oleh peningkatan indeks saham dunia dan peningkatan kegiatan industri di AS, Eropa dan Cina serta berakhirnya gencatan senjata antara pemerintah Nigeria dan kelompok militan sehingga berpotensi kembali terjadinya serangan terhadap fasilitas produksi minyak khususnya di wilayah Niger Delta, juga diperkirakan memperkuat harga minyak September.

Sedangkan faktor yang dapat memperlemah harga minyak September adalah pemeliharaan berkala kilang minyak di AS yang berdampak terhadap peningkatan stok minyak mentah komersial AS dalam beberapa minggu ke depan, aksi profit taking yang dilakukan oleh investor pasar saham di saat harga minyak meningkat yang menyebabkan ketidakstabilan harga komoditas minyak mentah dan mulai berakhirnya musim panas atau driving season yang mengakibatkan menurunnya permintaan produk minyak.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.