Pemerintah Perketat Penentuan Pemenang Penawaran WK Migas


Dirjen Migas Kementerian ESDM Evita H. Legowo ketika mengumumkan pemenang penawaran WK migas di Gedung Migas, Rabu (5/9), mengatakan, pemenuhan komitmen ini sangat penting mengingat migas masih merupakan salah satu tulang punggung penerimaan negara.  Jika komitmen meleset, maka akan menyulitkan semua pihak, termasuk masyarakat Indonesia.

 

”Diharapkan kepercayaan yang diberikan pemerintah ini, bisa ditepati dengan sebaik-baiknya. Pemerintah dan kontraktor (KKKS) adalah partner. Kita (harus) saling mengerti dan membantu,” tambahnya.

 

Evita menjelaskan, salah satu contoh pengetatan ini adalah penentuan pemenang WK migas non konvensional dimana sebenarnya seluruh WK yang ditawarkan tersebut diminati oleh investor. Namun karena pemerintah kurang yakin atas komitmen investor yang mengincar Blok GMB Barito II tersebut, maka tim yang terdiri dari unsur pemerintah dan perguruan tinggi itu tidak menyetujui penawaran yang diajukan dan dinyatakan tidak ada pemenangnya.

 

”Kemarin kami timbang betul, (komitmen) ini impossible. Kita sepakat untuk tidak diberikan. Ke depan juga akan begitu. Kita akan lebih berhati-hati,” tegasnya.

 

Perpanjang Waktu

 

Sementara itu mengenai minimnya peminat penawaran WK migas konvensional yang ditawarkan melalui lelang reguler, menurut Evita, antara lain disebabkan karena investor merasa waktu yang diberikan oleh pemerintah kurang lama. Investor meminta agar waktu untuk mengevaluasi dapat lebih panjang, sehingga mereka dapat lebih yakin dengan data migas yang ada.

 

Terhadap permintaan tersebut, pemerintah sedang mempertimbangkannya. Tentunya, dengan tambahan waktu yang terbatas karena pemerintah masih menargetkan dapat menawarkan WK migas 2 kali setahun.

 

”Kita sedang berpikir akan diberi kesempatan lebih lama karena mereka (KKKS) melihatnya (data) perlu lebih lama,” ujar Evita.

 

Permintaan lain yang diajukan KKKS adalah agar pemerintah mempermudah akses data.

 

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.