Pemerintah Jamin Pasokan Gas Untuk Transportasi 2013

Demikian dikemukakan Dirjen Migas Kementerian ESDM A. Edy Hermantoro dalam rapat mengenai konversi BBM ke bahan bakar gas di Gedung Migas, Rabu (3/4). Hadir dalam pertemuan tersebut, wakil dari Kementerian Perhubungan, Kementerian Perindustrian, Pemda DKI Jakarta, PT Pertamina, PT Dirgantara Indonesia, PT Medco Energy, PT Total Indonesie dan instansi terkait lainnya.

Khusus untuk Jabodetabek, Edy memaparkan, Pemerintah akan menempatkan MRU dan MS di lokasi-lokasi yang berdekatan atau dilintasi bus Transjakarta. Dengan demikian diharapkan dapat mempermudah pengisian bahan bakar gas. Lokasi penempatan MRU dan MS ini, antara lain di Cibubur, Cilandak dan Lebak Bulus.

”Kita mengikuti terus perkembangan busway ini. Jadi nanti MRU dan MS akan diletakkan di dekat-dekat lokasi bus,” kata Edy.

Pembangunan SPBG dan jaringan pipa untuk Jabodetabek,  dilakukan oleh Kementerian ESDM yang bekerja sama dengan PT Pertamina (Persero). Sementara untuk Balikpapan, dilakukan oleh Kementerian ESDM.

Dalam rapat tersebut, dilakukan presentasi oleh PT Medco Energy yang telah mengkonversi mobil operasional untuk layanan antar-jemput pekerjanya dengan menggunakan bahan bakar gas. Sekitar 23 mobil shuttle Medco menggunakan bahan bakar gas dan menghemat Rp 195 juta per tahun.

Medco juga menggunakan CNG untuk kendaraan operasinya untuk di Blok Rimau/Kaji, Sumatera Selatan dan Blok SCS/Soka, Sumatera Selatan.

 

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.