Pemerintah Fasilitasi Produsen dan Konsumen Donggi-Senoro

Stakeholder yang akan hadir dalam pertemuan itu, menurut Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro disela-sela acara donor darah, Rabu (19/8), antara lain pabrik pupuk, PT PLN dan PT PGN. Sedangkan mewakili pihak produsen adalah PT Pertamina dan PT Medco.

Dalam pertemuan itu, kata Purnomo, pihaknya akan menanyakan soal pembiayaan jika gas Donggi-Senoro akan dibeli oleh konsumen domestik. Ini penting karena untuk pengembangan kegiatan hulu dan hilir di lapangan tersebut, dibutuhkan biaya sekitar Rp 37 triliun.

"Kita akan tanya, kalau (pembeli) domestik akan masuk, pembiayaannya gimana? Untuk pengembangan hulu dan hilir kan besar, ada uang nggak?" katanya.

Pertemuan dengan produsen dan konsumen domestik ini merupakan tindak lanjut pertemuan di Kantor Wapres tanggal 3 Juni 2009 lalu, di mana saat itu diputuskan gas Donggi-Senoro akan diperuntukkan bagi konsumen domestik.

Selain Donggi-Senoro, gas dari Lapangan Tangguh juga pernah ditawarkan kepada pembeli domestik. PT PLN yang sebelumnya menyanggupi, belakangan tidak jadi membeli. Akhirnya, gas dijual ke pembeli dari Korea dan Cina.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.