Pemerintah Dorong Pembangunan Infrastruktur

“Salah satu FSRU dibangun di dekat Jakarta dan direncanakan mulai beroperasi pada akhir 2011,” ungkap Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh ketika menghadiri Indonesia’s Oil and Gas Seminar and Exhibition di Shanghai, China, kemarin.

Pembangunan jaringan infrastruktur ini, lanjut Darwin, merupakan cerminan dari Rencana Induk Jaringan Transmisi dan Distribusi yang disusun Pemerintah Indonesia dalam rangka pemenuhan kebutuhan gas domestik yang meningkat tiap tahunnya.

Ia memaparkan, kebutuhan gas dalam negeri yang terus meningkat, mendorong Indonesia mengoptimalkan pemanfaatan gasnya, khususnya untuk menggerakkan pembangkit listrik dan memenuhi kebutuhan bahan baku petrokimia. Salah satu cara yang dilakukan untuk meningkatkan pasokan gas adalah dengan mengembangkan gas unkonvesional yaitu gas metana batu bara (coal bed methane/CBM).

“Saat ini udah terdapat 20 wilayah kerja CBM dan diharapkan pada 2011 produksi gas dari CBM akan dapat dimulai,” katanya.

Peningkatkan pasokan gas dari sumber gas konvensional maupun unkonvensional, selain ditujukan untuk memenuhi kebutuhan domestik, juga tetap tetap terbuka bagi kesempatan ekspor dalam rangka mendukung pasar regional.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.