Pemerintah Berencana Bangun SPB LNG

Dirjen Migas Kementerian ESDM A. Edy Hermantoro mengemukakan, pada tahun 2014, pemerintah akan membangun 4 SPBG dengan dana APBN dan 24 SPBG oleh swasta. Selain itu, direncanakan juga membangun SPB LNG.  

“Masih ada beberapa SPBG (APBN) yang akan dibangun. Tapi (mendatang) kita mengarah ke SPBG LNG,” kata Edy.

Mengenai jumlah SPB LNG yang akan dibangun, kata Edy, masih belum diketahui karena pemerintah masih harus merevisi anggaran. Sebelumnya, pemerintah bersama PT Pertamina (Persero) dan PT Badak NGL telah melakukan pilot project penggunaan LNG untuk transportasi di Bontang, Kalimantan Timur. Pada tahap awal, LNG tersebut digunakan oleh truk-truk perkebunan dan pertambangan di daerah tersebut. Selain itu juga bus milik PT Badak NGL. Diharapkan, bus antar kota di Pulau Jawa dapat menggunakan bahan bakar LNG.

Diversifikasi BBM ke bahan bakar gas merupakan salah satu upaya pemerintah meningkatkan ketahanan energi nasional, mengurangi subsidi BBM serta pengunaan energi bersih sehingga dapat mengurangi pencemaran udara, efisiensi mesin kendaraan meningkat sehingga mesin lebih awet dan bahan bakar yang aman untuk digunakan. (TW)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.