Pemerintah Akan Usulkan Pembangunan Kilang Dibiayai Negara


Pembangunan kilang minyak ini, menurut Dirjen Migas Kementerian ESDM Evita H. Legowo dalam acara Forum Investasi Migas di Hotel Gran Melia, akhir pekan lalu, mutlak diperlukan untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar dalam negeri. Berdasarkan data tahun 2010, permintaan akan bahan bakar minyak mencapai 1.104 MCBD, sementara pasokannya hanya 699 MBCD.

 

”Dari dulu kita berusaha mendapatkan kilang baru, tapi susah banget. Kita butuh kilang baru agar dapat memenuhi kebutuhan bahan baku dan bahan jadi,” tegas Evita.

 

Agar dapat pembangunan kilang dapat terwujud, lanjutnya, pihaknya akan mengusulkan agar pembangunan kilang dapat dilakukan pemerintah. Biaya yang dibutuhkan juga relatif tidak terlalu besar. Evita memperkirakan sekitar Rp 50 triliun, dengan kapasitas 300 MBCD.

 

Pembangunan kilang oleh pemerintah ini, kata Evita, merupakan pelajaran yang diperolehnya dari hasil kunjungannya ke India, belum lama ini. Meski mengimpor crude, namun India berhasil mengekspor BBM. Negara itu juga memiliki banyak kilang yang dibangun pemerintah.

 

”Saya sedang berpikir, salah satu hal yang akan saya usulkan ke Pak Menteri baru adalah pemerintah harus do something (soal kilang). Kan cuma Rp 50 triliun. Nggak banyak lho (biaya) kilang itu. Karena itu, saya pikir, udahlah pemerintah yang membiayai. Jadi kita hanya mencari partner untuk crude-nya saja. India saja bisa, kenapa kita nggak? India itu semua yang ngurusin pemerintah untuk kilangnya. Dia hanya cari crude-nya dan ekspor fuel-nya,” paparnya.

 

Untuk kawasan Asia Pasifik, kilang terakhir kali dibangun tahun 1998. Khusus Indonesia, kilang yang usianya paling muda dan dapat memberikan keuntungan adalah Balongan yang dibangun tahun 1994. Sementara untuk kilang-kilang lainnya, keuntungannya sangat kecil karena telah berumur tua lantaran dibangun tahun 70-an.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.