Pemerintah Dorong Pertamina Go Internasional

Hal itu dikemukakan Menteri ESDM Jero Wacik dalam sambutannya pada acara Munas Asosiasi Pengeboran Migas Indonesia (APMI) di Jakarta, pekan lalu.

Pertamina telah diminta Menteri ESDM untuk mengirimkan wakilnya ke Kazakhstan untuk melakukan pembicaraan mengenai kemungkinan kerja sama tersebut. Kazakhstan mengincar potensi minyak kelapa sawit Indonesia yang melimpah ruah. Sebaliknya, Indonesia menginginkan minyak dari ladang-ladang minyak negara tersebut.

Rencana kerja sama ini merupakan tindak lanjut Menteri ESDM Jero Wacik dengan Menteri Kazakhstan, beberapa waktu lalu. Wacik mengharapkan Pertamina dapat mengelola ladang minyak yang subur dengan produksi sekitar 50.000 hingga 100.000 barel per hari.

Kazakhstan merupakan negara yang kaya akan minyak. Berdasarkan hasil survei IMF (international Moneter Fund) tahun lalu, Kazakhstan memiliki cadangan minyak mencapai 40 miliar barel dan memproduksi 2% pasokan minyak dunia. Kazakhstan menempati  posisi kesembilan cadangan minyak terbesar dunia dan termasuk dalam 20 produsen minyak terbesar.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.