Pemenang Lelang Reguler Wilayah Kerja Migas Tahun 2006

 
DEPARTEMEN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL
REPUBLIK
INDONESIA
 
SIARAN PERS
NOMOR : 08/HUMAS DESDM/2007
Tanggal : 2 Maret 2007
 
Pemenang Lelang Reguler Wilayah Kerja Migas Tahun 2006


Pemerintah hari ini (2/3) mengumumkan hasil Lelang Reguler untuk 20 (dua puluh) wilayah kerja (12 blok baru dan 8 blok available) yang ditawarkan pada tahun 2006. Pengumuman Lelang Wilayah Kerja tersebut dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2006, ditutup tanggal 22 Desember 2006 dan pemasukan Dokumen Partisipasi pada tanggal 26 Desember 2006. Pada Lelang tersebut, sebanyak 37 (tiga puluh tujuh) perusahaan membeli 91 (sembilan puluh satu) Dokumen Lelang untuk 20 (dua puluh) wilayah kerja yang ditawarkan, sedangkan pada saat pemasukan Dokumen Partisipasi telah diterima oleh Sekretariat Tim Penawaran Wilayah Kerja sebanyak 22 (dua puluh dua) Dokumen Partisipasi dari perusahaan peminat yang membentuk konsorsium maupun peminat tunggal untuk 12 (dua belas) wilayah kerja yang diminati (Blok SE. Mahakam, Cucut, Tuna,  West Air Komering, Karama, Mandar, Sageri, Cakalang, Baronang, Lampung I, Enrekang dan Ujung Kulon) dan 8 (delapan) wilayah kerja belum diminati (Blok Dolphin, Malunda, South Mandar, Sadang, South Sageri, Kerapu, Tigau dan Mentana).

     

Kriteria penilaian yang digunakan untuk menentukan Pemenang Penawaran Langsung adalah mengacu kepada Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 40 Tahun 2006 (pasal 38 dan 39) yang meliputi aspek penilaian teknis sebagai kriteria utama, aspek penilaian keuangan serta aspek penilaian kinerja BU/BUT calon investor.

    

Berdasarkan hal tersebut, dari 22 (dua puluh dua) dokumen partisipasi untuk 12 wilayah kerja (7 blok baru dan 5 blok available) yang dievaluasi dan dinilai oleh Tim Lelang yang terdiri dari wakil-wakil Biro Hukum dan Humas Setjen DESDM, Perguruan Tinggi, BPMigas dan Ditjen Migas, terdapat 9 (sembilan) Peserta Lelang yang dinilai telah memenuhi kriteria  untuk memenangkan Lelang pada 9 (sembilan) wilayah kerja (6 blok baru dan 3 blok available), sedangkan Dokumen Partisipasi untuk 3 (tiga) wilayah kerja yang lain tidak memenuhi kriteria penilaian.

Kesembilan wilayah kerja migas dan nama perusahaan pemenang Lelang Reguler Wilayah Kerja Migas Tahun 2006 adalah sebagai berikut :

No.
Wilayah Kerja
Lokasi
Perusahaan
1.

S.E. Mahakam

Lepas Pantai Kalimantan Timur

Konsorsium Total E&P SE Mahakam – Inpex Corp
2.

West Air Komering

Daratan Sumatera Selatan

PT. Tiara Bumi Petroleum

3. Tuna Laut Natuna

Konsorsium Premier Oil Ltd. – Mitsui Oil Exploration. Co.Ltd.

4.

Karama

Lepas Pantai Sulawesi Barat

Konsorsium PT. Pertamina (Persero) – StatOil ASA

5.

Mandar

Lepas Pantai Sulawesi Barat

Esso Exploration International
6.

Sageri

Lepas Pantai Sulawesi Selatan

Talisman (South Makassar) Ltd.
7.

Lampung 1

Lepas Pantai Lampung

PT. ANP Energy
8.

Ujung Kulon

Daratan dan Lepas Pantai Banten

M3nergy Berhad

9.

Enrekang

Daratan Sulawesi Selatan

PT. Sigma Energy Petrogas


Komitmen Investasi

Komitmen untuk 3 tahun pertama masa eksplorasi dari 9 (sembilan) Peserta Lelang tersebut adalah berupa studi geologi dan geofisika senilai US$ 12,915 juta, survei seismik 3D seluas 5.500 km2 senilai US$ 58,78 juta, survei seismik 2D sepanjang 8.560 km senilai US$ 13,874 juta dan komitmen pemboran sumur eksplorasi sebanyak 22 sumur senilai US$ 325,5 juta, sehingga total investasi yang akan direalisasikan pada sektor hulu migas ini akan mencapai US$ 411,069 juta. Disamping itu,  Pemerintah akan menerima bonus tandatangan (signature bonus) yang akan diterima secara langsung dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari sejak penanda-tanganan KKS senilai  US$ 30,090 juta.

   

Selanjutnya diharapkan kepada para Pemenang Lelang dalam jangka waktu paling lama 14 hari kalender sejak diterimanya Surat Pemberitahuan Pemenang Lelang, wajib menyampaikan Surat Kesanggupan untuk memenuhi seluruh komitmen dalam Dokumen Partisipasi termasuk persetujuan Konsep Kontrak Kerja Sama kepada Direktur Jenderal Migas. Dalam hal Pemenang Lelang tidak menyampaikan hal tersebut, maka dianggap mengundurkan diri.

   

                                                            Kepala Biro Hukum dan Humas

    

                                                                       Sutisna Prawira

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.