Pemda Dukung Pembangunan Jargas Rumah Tangga


Hal itu dikemukakan wakil Pemerintah Daerah Depok, Tarakan, Sidoardjo dan DKI Jakarta dalam jumpa pers usai peresmian pemanfaatan jaringan distribusi gas bumi tahun 2010 di Kementerian ESDM, kemarin.

 

Walikota Tarakan Udin Hianggio, mengucapkan terima kasih atas perhatian pemerintah pusat sehingga jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga dapat dibangun di kotanya. Diharapkan dalam waktu dekat, jaringan ini sudah dapat mengalirkan gas dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

 

Dikatakan, jaringan gas ini sangat membantu masyarakat Tarakan karena dapat menghemat pengeluaran biaya pengeluaran bahan bakar untuk memasak hingga 70%. Setiap bulannya, setiap kepala keluarga membutuhkan 1 tabung gas ukuran 12 kg yang harganya sekitar Rp 150 ribu. Jika menggunakan jaringan gas kota ini, maka pengeluarannya hanya sekitar Rp 50 ribu per bulan.

 

Hal senada juga diungkapkan Bupati Sidoardjo Saiful Ilah yang telah menikmati manfaat pembangunan gas bumi di rumahnya. Saiful berharap agar pembangunan jaringan distribusi ini dapat mengurangi beban masyarakat Sidoardjo yang terkena dampak lumpur Lapindo.

 

Sementara itu Walikota Depok M. Nur Mahmudi mengemukakan, pihaknya akan mengembangkan penggunaan gas bumi untuk angkutan kota. Rencana ini juga akan dilakukan oleh Pemda Tarakan dan DKI Jakarta.

 

Jaringan distribusi gas bumi yang telah selesai dibangun  tahun 2010 mencapai 13.166 sambungan rumah. Sebelumnya, jaringan distribusi telah dibangun di Palembang dan Surabaya.

 

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.