Pembahasan Rencana Peresmian Proyek PT PGN (Persero)

Proyek pembangunan jaringan pipa transmisi gas bumi Sumatera Selatan - Jawa Barat terdiri dari dua jalur, yaitu jalur Pagardewa - Labuhan Maringgai - Cilegon dan jalur Grissik - Labuhan Maringgai - Muara Bekasi, yang dibangun oleh PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk. Saat ini kedua jalur pipa transmisi gas bumi tersebut telah mendekati penyelesaian untuk dapat menyalurkan gas dari lapangan produksi gas PERTAMINA di Pagardewa dan ConocoPhillips di Grissik, Sumatera Selatan.
 
Peresmian pembangunan jaringan pipa transmisi gas bumi Sumatera Selatan - Jawa Barat semula direncanakan pada bulan Desember 2006, akan tetapi karena adanya beberapa hambatan, maka peresmian mengalami penundaan agar seluruh persyaratan keamanan pengoperasian pipa dapat terpenuhi.
 
Pembangunan jaringan pipa transmisi gas bumi Sumatera Selatan - Jawa Barat secara keseluruhan membentang sepanjang + 1.111 kilometer. Biaya yang dibutuhkan sebesar + USD 1,1 Miliar, yang bersumber dari pinjaman Special Yen Loan melalui Japan Bank for International Cooperation (JBIC) dan dana pinjaman komersial oleh PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk., yaitu Euro Bond, dana IPO dan dana internal.
 
Nilai strategis dari diresmikannya pembangunan jaringan pipa transmisi gas bumi Sumatera Selatan - Jawa Barat, antara lain diharapkan dapat mendorong pemanfaatan gas bumi di dalam negeri bagi industri, usaha komersial dan rumah tangga serta mendorong pengembangan investasi masyarakat sepanjang jalur pipa di wilayah Propinsi Sumatera Selatan, Propinsi Lampung, DKI Jakarta dan Jawa Barat melalui pengembangan pusat-pusat wilayah baru (new growth center).

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.