Pelantikan Pejabat Struktural Eselon I Kementerian ESDM


Sementara Ir. Ronggo Kuncahyo, MM dilantik sebagai Staf Ahli Komunikasi dan Sosial Kemasyarakatan pada Kementerian ESDM.

 

Pelantikan dan pengambilan sumpah ini dihadiri oleh para pejabat eselon I dan II di lingkungan Kementerian ESDM, BPMIGAS dan BPH Migas serta BUMN sektor ESDM.

 

Dalam sambutannya Menteri ESDM mengemukakan, pelantikan pejabat struktural eselon I di lingkungan Kementerian ESDM ini diselenggarakan untuk mengisi kekosongan jabatan Direktur Jenderal Mineral dan Batubara, setelah Dr. Ir. Bambang Setyawan memasuki purna tugas sejak tanggal 1 April 2011.

 

Jabatan struktural eselon I merupakan jabatan strategis karena mengemban tugas untuk merumuskan kebijakan kementerian. Oleh karena itu, menurut Darwin, kekosongan tersebut harus segera diisi dalam rangka mendorong pencapaian target kinerja Kementerian ESDM  yang telah ditetapkan.

 

Khusus kepada pejabat yang baru saja dilantik, Darwin mengatakan, hal yang perlu mendapat perhatian adalah pengelolaan batubara dan pemenuhan sumber daya manusia yang memadai.

 

Dikatakan, tantangan pengelolaan batubara ke depan, antara lain cadangan batubara akan habis dalam waktu 80 tahun. Hal ini mengacu pada jumlah cadangan sebesar 21,13 miliar ton dan tingkat produksi sebesar 275 juta ton per tahun untuk tambang terbuka.

 

Tantangan lainnya adalah  batubara yang masih dipandang secara konvensional yakni hanya sebagai sumber penerimaan negara. Untuk itu, perlu diupayakan agar batubara dapat dipandang sebagai andalan energi primer yang ekonomis bagi kegiatan produksi di Indonesia. Selain itu, perlu ditingkatkannya aksesibilitas batubara  melalui pembangunan infrastruktur batubara.

 

Sementara mengenai pemenuhan sumber daya manusia yang memadai, Darwin mengungkapkan, sektor ESDM merupakan sektor yang menggunakan teknologi tinggi, sehingga diperlukan sumber daya manusia yang handal, memiliki kompetensi dan daya saing tinggi. Peran Badiklat ESDM sangat penting dalam mencetak sumber daya manusia yang handal untuk memenuhi kebutuhan sektor energi dan sumber daya mineral, seiring dengan kemajuan teknologi yang cepat serta perubahan lingkungan yang begitu drastis.

“Agar SDM yang besar jumlahnya yang kita miliki tidak menjadi beban pembangunan, maka perlu diimbangi dengan kualitas yang tinggi, sehingga menjadi aset yang bermanfaat sebagai penggerak proses pembangunan. Untuk itu pendidikan dan pelatihan berbasis kompetensi diperlukan sebagai salah satu pendekatan pengembangan sumber daya manusia yang berfokus pada hasil akhir (outcome),” paparnya.

Mengakhiri sambutannya, kepada Dr. Ir. Bambang Setyawan, atas nama  jajaran Kementerian ESDM, Darwin  mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas seluruh pengabdiannya di Kementerian ESDM selama ini.

 

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.