Mohammad Hidayat Dilantik Sebagai Sesditjen Migas

Para pejabat lainnya yang dilantik adalah:

  1. Dr. Ir. Ego Syahrial, M.Sc sebagai Kepala Biro Perencanaan dan Kerja Sama pada Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM.
  2. Ir. Arief Indarto, M.M sebagai Kepala Pusat Data dan Informasi ESDM.
  3. Parlaungan Simatupang, S.E, M.M sebagai Kepala Biro Umum pada Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM.
  4. Ir. Paul Lubis, M.T sebagai Direktur Pembinaan Program Mineral dan  Batubara pada Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM.
  5. Ir. Tunggal, M.Sc sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM.
  6. Ir. Kasbani, M.Sc sebagai Kepala pusat Penelitian dan Pengembangan Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi pada Badan Penelitian dan Pengembangan ESDM.

Menteri ESDM Jero Wacik dalam sambutannya mengemukakan, penyegaran organisasi harus selalu dilakukan. Organisasi Kementerian ESDM saat ini semakin lengkap. Hanya tinggal 1 jabatan Eselon I yang masih kosong dan diharapkan dapat terisi bulan depan.

Wacik juga menggaris bawahi bahwa setiap jabatan memiliki batas waktu. Oleh karena itu, para pejabat diharapkan tidak menyia-nyiakan waktu dan bekerja dengan sungguh-sungguh.

”Ada saat mengawali dan ada saat meninggalkan jabatan. Orang yang mengawali (jabatan) dengan keyakinan dan niat baik serta serius bekerja, maka saat mengakhiri pekerjaan itu, dia akan merasakan kebahagiaan yang sejati. Kita semua harus melakukan itu,” tegasnya.

Lebih lanjut Wacik memaparkan, secara struktural, kebijakan yang dilakukan Menteri dan Wakil Menteri merupakan penjabaran kebijakan Presiden. Di bawahnya, Dirjen bertugas untuk melakukan kebijakan dan operasional. Dalam bekerja, Dirjen dibantu para pejabat eselon II sebagai motor terdepan.

”Eselon II, bekerjanya harus lebih keras, tinggi. Tidak boleh lambat menjadi pejabat Eselon II,” katanya.

Terkait dengan tahun 2013 sebagai tahun politik, lanjut Wacik, harus dimaknai sebagai tahun kerja. Wacik memerintahkan para pejabat di bawahnya, termasuk BUMN sektor ESDM, untuk memperbanyak pembangunan proyek padat karya di daerah-daerah. Dengan demikian, rakyat dapat menikmati hasil  pembangunan yang dilakukan Pemerintah.

”Rakyat akan senang kalau yang diberikan bukan uang begitu saja, melainkan pekerjaan kepada mereka. Kalau mereka mendapat uang dari pekerjaan yang dipadatkaryakan, efeknya akan besar sekali. Mereka menikmati pembangunan, ikut bersama-sama membangun dan pada gilirannya, mereka tidak akan dengan mudah dipengaruhi oleh pikiran-pikiran yang keliru di masyarakat,” paparnya.

Rakyat yang menganggur, akan lebih mudah dipengaruhi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Proyek padat karya ini merupakan cara Pemerintah untuk mengawal tahun politik dengan baik. (Tursilowulan)

 

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.