Menuju The Golden Age of Gas: Dorong Eksplorasi dan Pembangunan Infrastruktur

“Tahun emas kita di bidang gas akan datang. Saudara (KKKS) yang bekerja, saya yang meregulasi. Dengan ucapan itu, the golden age of gas akan tiba,” kata Menteri ESDM Jero Wacik ketika membuka INDOGAS 2013 di Jakarta Convention Centre, Senin (21/1).

Wacik menuturkan, Indonesia memiliki  sejumlah proyek andalan hulu gas, antara lain Lapangan Terang Sirasun, Tuni, Peciko, Kepodang, Rubi, IDD Bangka, Senoro, Jangkrik, IDD Gehem dan Masela. Dari lapangan-lapangan tersebut, diharapkan dapat diperoleh produksi gas untuk memenuhi kebutuhan energi.

Namun itu belumlah cukup untuk mendukung Indonesia menjadi salah satu sumber gas dunia. Harus dilakukan peningkatan eksplorasi migas. Apalagi, sumber daya gas Indonesia masih besar.

Agar dapat menarik investor untuk mengembangkan gas di Indonesia, maka Kementerian ESDM sedang memperjuangkan insentif yang lebih menarik dan mempercepat ijin. Pembahasan mengenai hal ini telah mencapai tingkat tinggi.

Sementara di bagian hilir, perlu dilakukan pembangunan infrastruktur pipa gas yang menghubungkan sumber-sumber gas dengan konsumen. Infrastruktur yang telah tersedia adalah FSRU Jawa Barat. Sedangkan yang masih dalam proses dalam pipa Trans Jawa dan Trans Sumatera.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.