Menteri ESDM: Waspada dan Hindari Korupsi!

”Akan sedih saudara, keluarga dan anak-anak kalau bapaknya terkena kasus korupsi. Karena itu tidak ada cara lain kecuali kita harus waspada dan berhati-hati,” katanya pada acara Pencanangan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi di Kementerian ESDM, akhir pekan lalu.

Wacik meminta agar karir sebagai PNS yang telah dibangun dengan susah payah, tidak rusak atau sia-sia karena terjerat korupsi. Jika terjadi kebingungan dalam mengambil keputusan, terutama terkait tender, maka sebaiknya meminta bantuan atau berkonsultasi dengan BPKP.

”Kalau BPKP bilang boleh diputuskan, ya diputuskanlah karena korupsi itu urusannya tidak mengenakkan. Tidak baik. Jahat. Tapi kita harus ambil keputusan. Karena kalau tidak ambil keputusan, rakyat tidak dapat listrik dan lain-lain,” tambahnya.

Akan sangat mudah, lanjut Wacik, menghindari korupsi dengan tidak mengambil keputusan. Namun hal itu akan menyebabkan masyarakat tidak memperoleh manfaat. Karena itu, sangat penting untuk saling menjaga, mengawasi disertai niat untuk tidak melakukan korupsi.

”Kalau niatnya korupsi, berapapun dibikin aturan oleh Menpan, akan dicari celah-celahnya. Kalau itu yang terjadi, kalau  sudah  tertangkap, kita serahkan ke KPK,” tegasnya.

Program Zona Integritas Bebas Korupsi merupakan program yang disusun oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) bekerjasama dengan KPK serta ORI.   Zona Integritas (ZI) adalah sebutan atau predikat yang diberikan kepada kementerian, lembaga atau pemda  yang pimpinan dan jajarannya mempunyai niat (komitmen) untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) melalui upaya pencegahan korupsi, reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.