Menteri ESDM: Peran Gas Harus Ditingkatkan


Meningkatnya peran gas bumi sebagai salah satu sumber penerimaan negara, papar Menteri ESDM Jero Wacik dalam Pertemuan Puncak Pemimpin Redaksi Se-Indonesia di Nusa Dua, Bali, Kamis (13/6), terbukti dengan dimasukkannya lifting gas dalam APBN mulai tahun 2013.

Di sisi hilir, menurut Wacik, pihaknya telah meminta para pengusaha yang tergabung dalam Hiswana Migas, untuk mendukung pengembangan gas sebagai bahan bakar untuk transportasi. 

"Hiswana migas itu kan artinya minyak dan gas, bukan hanya mengurusi minyak saja. Kalau hanya mengurusi minyak, nanti namanya diubah menjadi Hiswana Mi," canda Wacik.

Sementara untuk pembangkit listrik, pemerintah telah melarang PT PLN membangun pembangkit listrik baru yang menggunakan bahan bakar BBM. Gerakan pindah dari BBM ke gas, harus menjadi gerakan bersama untuk memperkuat ketahanan energi.

Diakui Menteri ESDM, energi mix Indonesia saat ini masih tergantung minyak yaitu sebesar 49,7%. Namun ketergantungan ini akan ditekan hingga menjadi 25% tahun 2025. Peran gas akan ditingkatkan. Demikian juga batubara dan energi baru terbarukan.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Pertamina Karen Agustiawan mengatakan kesiapan PT Pertamina mendukung pengembangan gas untuk tranportasi.  Sebagai perusahaan yang ditunjuk pemerintah untuk menjalankan program konversi BBM ke BBG, katanya, Pertamina  berinisiatif untuk membangun infrastruktur BBG di Indonesia, di luar pendanaan yang diperoleh dari APBN.

Dalam kaitan pengembangan infrastruktur gas, Pertamina berupaya maksimal merealisasikan berbagai proyek infrastruktur gas, seperti modifikasi kilang Arun, Arun-Medan Gas Pipeline, Trans Java Gas Pipeline. Pertamina juga mendorong upaya pemanfaatan LNG untuk bahan bakar di sektor pertambangan, terutama untuk alat-alat berat. (TW)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.