Menteri ESDM: BBM Harus Ditinggalkan

“BBM itu harus di-goodbye-in. Harus ditinggalkan pelan-pelan karena di dunia makin langka dan makin mahal. Nggak ada cara lain,” kata Menteri ESDM Jero Wacik pada pembukaan IndoCBM 2012, beberapa hari lalu.

 

Wacik mengatakan, saat ini yang harus dilakukan pemerintah adalah mencari energi baru sebagai pengganti BBM. Antara lain CBM, tenaga matahari, geothermal, panas bumi dan batubara. Energi alternatif ini, harus didorong pengembangannya karena harganya yang relatif lebih murah dibandingkan premium dan solar.

 

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk menekan penggunaan BBM adalah melakukan diversifikasi BBM ke bahan bakar gas. Tahun 2011, pemerintah telah membangun 4 SPBG di Palembang serta membagikan converter kit untuk kendaraan umum di sana. Tahun ini, rencananya akan dilakukan pembangunan infrastruktur di Surabaya, Gresik dan Sidoarjo serta beberapa kota lanilla.

 

Penggunaan bahan bakar gas untuk transportasi ini diharapkan dapat menyediakan transportasi umum yang murah, bersih, aman dan ramah lingkungan.

 

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.