Menteri ESDM Terima Delegasi Sonangol EP

“Prinsip dari supply chain yang baik adalah bahwa kita harus punya sumber-sumber alternatif yang mendekatkan kita dengan market, tidak ada satu pihak yang harus tergantung, harus ada independensi antara yang satu dengan yang lain,” ujar Menteri ESDM Sudirman Said mengawali konferensi persnya.

Presiden Joko Widodo sudah sejak lama menekankan pentingnya perbaikan energi.  Pertamina harus mencari sumber-sumber alternatif. Karena itu sejak awal, Presiden Joko Widodo telah menekankan untuk mencari sumber baru ataupun melalui pembelian langsung. “Kedatangan Sonangol merupakan salah satu alternatif source tersebut,” ujar Sudirman.

Tahapan kerja sama Pertamina dengan Sonangol ini telah telah mencapai business to business (b to b).  Sebelumnya, PT Pertamina (Persero) dan Sonangol EP telah menandatangani kesepakatan kerjasama dalam Framework Agreement yang dilakukan oleh Plt. Direktur Utama Pertamina Muhamad Husen dan Chairman of Board of Director Sonangol EP Francisco de Lemos Jose Maria di Jakarta, Jumat (31/10).  Penandangan itu disaksikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla dan Wakil Presiden Republik Angola Manuel Domingos Vicente.

“Proses ini adalah bagian dari diversifikasi, meragamkan sumber-sumber pasokan sebagai bagian dari a good supply chain management dalam energi nasional,” pungkasnya.

Chairman of Board of Director Fransisco Lemos menambahkan, kerja sama ini terdiri atas tiga tahap. "Pertama oil trading, kedua refining dan petrokimia bisnis. Sementara untuk konsesi eksplorasi dan produksi di Indonesia dan Angola," kata dia. (SF/TW)


Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.