Menteri ESDM Serahkan Beasiswa Untuk 831 Siswa


Dari jumlah 831 siswa tersebut, terdiri dari 323 siswa SD, 255 siswa SMP dan 253 siswa SMA. Untuk siswa SD, diberikan beasiswa sebesar Rp 950.000, siswa SMP Rp 1,2 juta dan siswa SMA sebesar Rp 1,5 juta.

 

Pemberian beasiswa ini, menurut Menteri ESDM Jero Wacik, merupakan yang harus dilakukan untuk membantu sesama. Terutama, anak-anak yatim yang orangtuanya semasa hidup merupakan pegawai Kementerian ESDM.

 

Sesuai dengan ajaran agama, lanjutnya, jika kita secara ikhlas membantu sesama terutama anak yatim piatu, maka Tuhan akan memudahkan segala urusannya.

 

Hal ini telah dibuktikannya karena sejak umur 30 tahun, Wacik yang saat itu belum lama berumah tangga dan masih tinggal di rumah kontrakan, telah terbiasa mengurusi anak-anak kurang mampu. Sebagai anak yang dibesarkan dari keluarga miskin, Wacik merasakan betul bagaimana hidup dalam segala keterbatasan. Tanpa disadari, kebiasaan mengurus anak-anak miskin juga yatim piatu itu, telah memudahkannya menjalani segala urusan, termasuk juga memperoleh rejeki.

 

“Saya merasa dimudahkan urusan saya oleh Tuhan. Semua yang saya inginkan tercapai,” katanya.

 

Kepada anak-anak yatim piatu, Wacik berpesan agar tidak berkecil hati karena tidak memiliki orangtua yang lengkap. Kemiskinan juga tidak boleh dijadikan alasan untuk tidak berprestasi.

 

”Jangan pernah menjadikan alasan, karena miskin jadi tidak bisa sukses. Harus terus sayang kepada semua teman,” ujarnya.

 

Mengakhiri sambutannya, Menteri ESDM meminta agar beasiswa yang diperoleh dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya. Masa depan masih terbentang luas dan harus rajin belajar agar dapat mencapai kesuksesan.

 

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.