Menteri ESDM Minta Hasil Penelitian Disosialisasikan

Hal itu dikemukakannya pada Rapat Kerja Internal Badan Litbang ESDM Tahun 2013 di Gedung Balitbang, Cipulir, Jakarta, Selasa (5/2). Acara itu dihadiri para pejabat eselon I dan II di lingkungan Kementerian ESDM serta karyawan Balitbang ESDM.

Wacik mencontohkan, penelitian mengenai dampak penggunaan bensin subsidi dengan Premix terhadap mesin kendaraan. Ternyata, kendaraan yang menggunakan non subsidi, mesin kendaraannya lebih terawat dan bertenaga dibandingkan mesin yang menggunakan BBM subsidi.

”Mestinya kalau hasil penelitian seperti ini dipublikasikan, maka orang-orang kaya atau setengah kaya, akan berpikir lebih baik menggunakan BBM non subsidi karena selain membantu Pemerintah, juga membuat mesin lebih awet,” katanya.

Sosialisasi terhadap hasil-hasil penelitian ini merupakan salah satu proses untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Agar tidak kaku dalam penyampaian hasil penelitian, Wacik meminta agar para peneliti di lingkungan Balitbang terlebih dahulu belajar public speaking.

Dalam kesempatan itu, Wacik juga mengharapkan agar Balitbang ESDM dapat berperan dalam pemecahan masalah dan efisiensi proses pengolahan dan pemurnian mineral, validasi teknologi baru, penguasaan teknologi, alih teknologi dan studi kelayakan ekonomi.

Dalam kesempatan yang sama,  Wamen ESDM Susilo Siswoutomo mengharapkan agar pengembangan pola kemitraan dengan swasta baik nasional maupun asing, melalui suatu kolaborasi sejak awal.

Ia juga meminta agar kegiatan 2013 dipertajam sehingga output yang dihasilkan dapat memberikan outcome yang mampu menjawab isu nasional yang strategis dan bermanfaat bagi para pemangku kepentingan.

Kepala Badan Litbang ESDM FX Sutjiastoto mengemukakan, untuk mendukung ketahanan energi, Balitbang ESDM berupaya memberikan kontribusi terhadap peningkatan cadangan dan produksi migas melalui peningkatan kualitas data wilayah kerja migas yang ditawarkan Kementerian ESDM agar dapat menarik investor.

"Balitbang juga berupaya mencari sumber minyak dengan melaksanakan penelitian eksplorasi migas di Indonesia bagian Timur," tambah Sutjiastoto.

Selain itu, mendukung pelaksanaan kebijakan konversi BBM ke bahan bakar gas dengan memanfaatkan konsep demo plant SPBG di PPPTMGB untuk diterapkan pada Kementerian dan Lembaga. (Tursilowulan)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.