Menteri ESDM Lantik Pejabat Eselon I dan II KESDM


Mengawali sambutannya pada acara yang dihadiri para pejabat Eselon I dan II di lingkungan Kementerian ESDM, Kepala BPMIGAS dan BPH Migas serta BUMN sektor ESDM tersebut, Menteri ESDM mengatakan, pelantikan ini merupakan generasi kepemimpinan baru yang masuk ke Kementerian ESDM pada tahun 1984 dan 1987. Sementara para pejabat eselon I yang sekarang aktif, rata-rata bergabung di Kementerian ESDM pada tahun 70-an.

 

Lebih lanjut ia mengemukakan, Dirjen Ketenagalistrikan yang baru saja dilantik, menghadapi tantangan yang cukup berat. Antara lain target elektrifikasi pada tahun 2014 sebesar 80%. Saat ini, rasio elektrifikasi baru mencapai 67%.

 

”Pemerintah mencanangkan tahun 2014, 80% rumah tangga sudah terlistriki. Kalau dibagi dengan percepatan pertambahan listrik 3% per tahun atau 15% dalam 5 tahun,” kata Darwin.

 

Tugas lainnya adalah memperbesar komposisi energi mix dalam pengadaan listrik non BBM. Untuk tahun 2010, energi mix untuk PLN ditargetkan mencapai 19%. Namun lantaran beberapa kendala seperti masalah byar pet dan infrastruktur yang belum dapat selesai seperti yang diharapkan meski telah diupayakan siang dan malam, komposisi energi mix PLN masih sekitar 23%.

 

Sementara itu kepada Dede Suhandara, Darwin meminta agar fokus meningkatkan nilai tambah, meningkatkan penerimaan negara dari sektor minerba, memberikan kepastian hukum bagi investor dan mengharmoniskan hubungan pusat dan daerah.

 

Terhadap kedua pejabat baru, Darwin berpesan 5 hal yaitu meningkatkan sinergi antar unit, mendorong terus tercapainya pengurangan penggunaan BBM, mendorong pengadaan listrik murah dan hemat, meningkatkan rasio elektrifikasi dan mengawasi dan mengimplementasikan pelaksanaan DMO.

 

Khusus kepada  J. Purwono, Darwin mengucapkan terima kasih atas sumbangsihnya kepada bangsa dan negara serta mendoakan agar Tuhan selalu memberikan berkah.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.