Menteri ESDM Kunjungi Desa Wisata Energi

Mendampingi Menteri ESDM pada kunjungan tersebut adalah jajaran pejabat eselon I di lingkungan Departemen ESDM seperti Dirjen Migas Luluk Sumiarso, Dirjen LPE J. Purwono dan Dirjen Minerba Pabum Simon Sembiring. 

Setibanya di dermaga Nusa Penida, Menteri ESDM disambut oleh pemerintah daerah setempat dan mendapat penjelasan mengenai pulau tersebut.

Rombongan kemudian melanjutkan perjalanan menuju Puncak Mundi untuk meninjau pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB), pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), meninjau pembibitan jarak pagar dan proses pengolahannya. Selain itu, dilakukan pula serah terima bibit dan tanaman jatropha senilai Rp 272 juta dan 1 set peralatan pengolahan biji jarak senilai Rp 230 juta.  

Menteri ESDM juga berkesempatan melepas burung jalak bali serta meninjau tempat penangkarannya.

Desa Wisata Energi di Nusa Penida diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, awal November lalu. Pembangunan Desa Wisata Energi merupakan salah satu komitmen dan kepedulian dalam mengembangkan penggunaan berbagai energi terbarukan sekaligus mengembangkan Nusa Penida untuk eco-tourism.

Kawasan ini menjadi daerah percontohan dalam penerapan efisiensi dan penghematan energi yang sebagian besar biayanya menggunakan anggaran 2007. Upaya ini dilaksanakan bersama Pemda Bali, PLN dan PT Energi Management Indonesia (PT EMI).


Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.