Menteri ESDM Hadiri Pertemuan Tingkat Menteri IEF ke 12

Bersamaan dengan acara Pertemuan IEF ke 12, akan dilaksanakan pula Pertemuan International Energy Business Forum (IEBF) ke 4.

Pertemuan PTM IEF bertujuan meningkatkan kerjasama antara produsen dan konsumen energi, utamanya dalam rangka memperkuat dialog internasional dan mengurangi volatilitas di pasar minyak dunia.

IEF merupakan suatu forum kerja sama energi, baik negara maupun organisasi produsen dan konsumen energi dunia. Posisi IEF hingga saat ini adalah sebagai forum dialog antara negara-negara konsumen serta produsen maupun organisasi energi seperti OPEC dan IEA dan berkehendak untuk menjadi organisasi secara resmi dengan menyusun charter pendirian.

Mengenai posisi Indonesia,  sampai saat ini masih belum menjadi anggota, namun telah beberapa kali mengikuti pertemuan IEF karena posisi Indonesia yang saat itu masih sebagai anggota OPEC. Kehadiran delegasi Indonesia pada pertemuan IEF ke 12 ini adalah sebagai undangan yaitu sebagai Expanded High Level Steering Group karena turut hadir dalam Pertemuan SOM Pertama IEF sebagai persiapan PTM IEF ke 12 yang telah diselenggarakan di Riyadh, Arab Saudi, pada 6-7 Januari 2010 lalu.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.