Menteri ESDM Buka Indo Energy 2011

Hadir dalam kesempatan tersebut, Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Luluk Sumiarso, Dirjen Migas Kementerian ESDM Evita H. Legowo, Sekjen Kementerian ESDM Waryono Karno, Kabalitbang ESDM Bambang Dwiyanto dan pejabat terkait lainnya.

Kegiatan ini hasil kerja sama Kementerian ESDM dengan Asosiasi Produsen Biofuels Indonesia (APROBI), Ikatan Ahli Bioenergi Indonesia (IKABI), Badan Kejuruan Kimia Persatuan Insinyur Indonesia (BKKPII) dan Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia.

Seminar dan eksibisi yang berlangsung tanggal 23-24 Mei 2011 ini, merupakan suatu rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk lebih mendesiminasikan informasi mengenai pengembangan dan pemanfaatan bioenergi serta meningkatkan koordinasi dan sinergisitas di antara para pemangku kepentingan di bidang bioenergi, pemangku kebijakan baik tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten/kota, pengembang, jasa penunjang, kalangan ahli, akademisi dan praktisi yang seluruhnya berjumlah sekitar 300 orang.

Program bioenergi, khususnya bahan bakar nabati (BBN) telah dicanangkan oleh Pemerintah sejak tahun 2006 melalui Inpres No. 1 Tahun 2006. Namun, meskipun kebijakan mandatori telah berjalan sejak akhir 2008 dan berbagai peraturan telah dikeluarkan Pemerintah untuk mendorong percepatan penyediaan dan pemanfaatan BBN, namun pengembangan BBN ini masih jauh dari yang diharapkan. Dengan melihat kondisi tersebut, acara hari ini mengambil tema “Revitalisasi Program Bioenergi Nasional” untuk melakukan review dan upaya perbaikan agar program bioenergi dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan.

Pada seminar akan menghadirkan berbagai pembicara yang kompeten di bidang Bioenergi.  Dari seminar tersebut diharapkan akan keluar rekomendasi yang diharapkan mampu merevitalisasi program Bioenergi ke depan.

Pada acara pameran, berbagai perusahaan di bidang Bioenergi akan memamerkan berbagai hasil yang telah dicapai dalam pengembangan Bioenergi antara lain perusahaan yang tergabung dalam Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (APROBI), anggota Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI), UKM Bioenergi, dan Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.