Menteri ESDM Anugerahkan Penghargaan Energi ke 4 Tahun 2014

Penghargaan Energi merupakan bentuk apresiasi yang diberikan oleh Pemerintah untuk menghargai jasa perorangan, kelompok masyarakat, perusahaan (asing/nasional/daerah), dan Pemerintah (pusat/daerah) yang berjasa luar biasa dan berdampak besar melakukan kegiatan usaha pengembangan, penyediaan, dan pemanfaatan energi dengan prinsip diversifikasi dan/atau konservasi energi yang menghasilkan produk nyata secara fisik sebagai hasil inovasi dan pengembangan teknologi baru.

Maksud Penghargaan Energi adalah untuk menggugah kesadaran masyarakat dan mendorong peran aktif pemangku kepentingan dalam melakukan diversifikasi, konservasi dan budaya hemat energi serta memberikan apresiasi kepada para pemangku kepentingan yang secara nyata telah berkarya dalam menciptakan inovasi dan pengembangan teknologi Sektor ESDM secara berkesinambungan,  menginspirasi masyarakat untuk menggunakan energi terbarukan dan mewujudkan budaya hemat energi, dan mendorong pemangku kepentingan dalam pengembangan dan pemanfaatan energi.

Tema Penghargaan Energi Tahun 2014 ini adalah “Kearifan Lokal Menuju Kemandirian Energi”, yang sejalan dengan Kebijakan Kementerian ESDM yang telah dituangkan dalam Keputusan Menteri ESDM Nomor 4051 K/07/MEM/2013 tanggal 27 Desember 2013 tentang Penetapan Catur Darma Energi, yakni Darma ke-3 untuk kembangkan secara masif energi baru terbarukan dan Darma ke-4 untuk Hemat energi.

Jenis Penghargaan Energi ada 3 yaitu:
1.    Penghargaan Energi Prakarsa, diberikan kepada unsur masyarakat baik secara Perseorangan maupun Kelompok Masyarakat;
2.    Penghargaan Energi Pratama, diberikan kepada unsur perusahaan yang berasal dari nasional/daerah atau asing;
3.    Penghargaan Energi Prabawa, diberikan kepada instansi pemerintah dan pemerintah daerah.

Calon Penerima Penghargaan Energi yang ikut dalam seleksi pada tahun ini sebanyak 115 Calon,  terdiri dari 43 calon penerima Penghargaan Energi Prakarsa Perorangan dan Kelompok Masyarakat, 42 calon penerima Penghargaan Energi Pratama, 30 calon penerima Penghargaan Energi Prabawa. Terhadap data calon tersebut dilakukan seleksi administrasi, dilanjutkan dengan pembuatan profil masing-masing calon sebelum dilakukan penilaian oleh Dewan Juri secara sendiri-sendiri dan secara kolegial. Dewan Juri dalam sidang pleno menetapkan calon penerima Penghargaan Energi tahun 2014 sebanyak 15 (lima belas). Penerima Penghargaan Energi tahun 2014 sebagai berikut:

Penerima Penghargaan Energi Prakarsa Perorangan Tahun 2014:
1.    Amin, Pontianak, Kalimantan Barat;
2.    Sopyan Hadi, Bengkalis, Riau;
3.    Suhargo, Magetan, Jawa Timur;

Penerima Penghargaan Energi Prakarsa Kelompok Masyarakat Tahun 2014:
1.    Prof. Dr. Erliza Hambali dan Tim, Bogor, Jawa Barat;
2.    Koperasi “SAE” PUJON, Malang, Jawa Timur;
3.    Universitas Islam Riau, Pekan Baru, Riau;

Penerima Penghargaan Energi Pratama Tahun 2014:
1.    PT. Duta Pudak Lestari, Muaro Jambi, Jambi;
2.    PT. Odira Energy Persada, Bekasi, Jawa Barat;
3.    PT. Semen Indonesia, Gresik, Jawa Timur;  
4.    PT. Wilmar Bioenergi Indonesia, Dumai, Riau

Penerima Penghargaan Energi Prabawa Tahun 2014:
1.    Pemerintah Provinsi Jawa Tengah;
2.    Pemerintah Kabupaten Badung;
3.    Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas;
4.    Pemerintah Kabupaten Lombok Utara;
5.    Pemerintah Kabupaten Pasaman,

Dari 15 Penerima Penghargaan Energi Tahun 2014, Dewan Juri memilih yang terbaik dari masing-masing kategori  yaitu Amin, Dr. Erliza Hambali dan Tim serta PT. Duta Pudak Lestari dan Pemerintah Kabupaten Badung. Selain itu Dewan Juri juga menetapkan The Most Inspiring dari 4 finalis terbaik tersebut yaitu Amin.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral menyampaikan apresiasi kepada Para Dewan Juri Penghargaan Energi Tahun 2014 yang terdiri dari 9 orang dari kalangan asosiasi profesi, industri sektor ESDM, akademisi, media dan praktisi.  

Penghargaan Energi yang telah diselenggarakan untuk keempat kalinya ini diharapkan dapat berdampak besar dan positif terhadap pembangunan maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat, Sektor ESDM, bangsa dan negara dalam pengelolaan energi yang berkelanjutan dan efisien.

Para penerima Penghargaan Energi 2014 juga mengikuti rangkaian acara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-69 tanggal 17 Agustus 2014 di Istana Negara dan Acara Silaturahmi Presiden RI dengan para Teladan Nasional di JI-Expo Kemayoran, Jakarta pada tanggal 18 Agustus 2014. (TW)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.