Menko Perekonomian Buka APOGCE 2011

Hadir dalam kesempatan tersebut, Dirjen Migas Kementerian ESDM Evita H. Legowo, Kepala BPMIGAS R. Priyono, Dirut PT Pertamina Karen Agustiawan dan kontraktor kontrak kerja sama migas (KKKS).

Dalam sambutannya Hatta menyatakan kegembiraannya dapat bertemu dengan KKKS dan investor yang berasal dari kawasan Asia Pasifik, terutama mengingat gairah investasi dunia sedang tidak menggembirakan setelah diterpa krisis ekonomi yang melanda Amerika dan Eropa.

Ia berharap sharing knowledge yang dilakukan selama konferensi tersebut, dapat menghasilkan pengetahuan positif yang dapat segera diaplikasikan pada kegiatan industri hulu migas, sehingga tidak hanya bermanfaat untuk KKKS dan investor, tetapi juga bangsa-bangsa di kawasan Asia Pasifik.

Lebih lanjut Hatta mengungkapkan, masalah ketahanan energi suatu negara tidak hanya bergantung pada kondisi negara itu sendiri. Masalah ketahanan energi merupakan masalah yang bersifat regional, bahkan dunia, mengingat energi merupakan kebutuhan vital bagi umat manusia.

”Dan ketahanan energi akan menurun apabila ketergantungan kita pada jenis-jenis energi yang tak terbarukan seperti minyak dan gas bumi belum dapat dikurangi,” katanya.

Pada kesempatan itu, Hatta juga menyinggung peningkatan  kebutuhan energi migas selama 10 tahun terakhir yang merupakan tertinggi dibanding kawasan lainnya. Hal ini disebabkan oleh adanya tambahan permintaan yang cukup tinggi uang dibutuhkan untuk menopang pertumbuhan di kawasan tersebut, di mana setiap tahun rata-rata tumbuh di atas 6%.

”Para pengamat ekonomi makro memprediksikan permintaan energi dari kawasan Asia Pasifik masih akan meningkat pada beberapa tahun ke depan dan merupakan tertinggi dibanding kawasan lain. Penyebabnya adalah fundamental ekonomi di kawasan tersebut, termasuk Indonesia, relatif stabil sehingga kegiatan ekonomi masih tumbuh cukup signifikan,” paparnya.

Sementara pada region lain, utamanya Amerika dan Eropa, lanjutnya, akan mengalami stagnasi dan kemungkinan akan menurunkan permintaan energinya karena terganggu oleh krisis ekonomi yang melanda beberapa tahun belakangan ini.

Usai membuka acara, Hatta berkesempatan meninjau stand pameran. APOGCE 2011 dilaksanakan tanggal 20-22 September.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.