Masyarakat Tidak Perlu Khawatirkan Kenaikan Harga Minyak


Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh seusai membuka acara Rapat kerja Sektor ESDM 2011, kemarin, mengatakan, kenaikan harga minyak dunia  disebabkan musim dingin yang berlebihan. Keadaan ini belum tentu akan berlangsung terus, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir berlebihan.

 

Sebaliknya, lanjut Darwin, kenaikan harga minyak ini justru memperkuat rencana pemerintah melakukan pengaturan BBM bersubsidi karena semakin tinggi harga minyak, berarti beban subsidi yang harus ditanggung pemerintah semakin besar.

 

”Di lain pihak, makin harga minyak dunia, boleh jadi subsidi makin besar. Ini justru memperkuat alasan subsidi yang besar  tadi (supaya)  tidak salah sasaran. Itu memperkuat argumennya (pengaturan BBM bersubsidi). Tinggal pemerintah memperkuat persiapan-persiapannya,” kata Darwin.

 

Naiknya harga BBM non subsidi seperti pertamax akibat kenaikan harga minyak dunia, menurutnya, harus dipikul oleh masyarakat yang mampu.

 

”Mereka yang mampu, beli pertamax dong. Masak ikut-ikutan beli BBM subsidi kita yang terbatas,” imbuh Darwin.

 

Namun subsidi harga akan pelan-pelan diubah menjadi subsidi kepada golongan masyarakat untuk program pro rakyat seperti mendirikan sekolah dan rumah sakit.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.