Lima Pemenang Lelang Reguler WK Migas Tahap II

Perusahaan-perusahaan tersebut memenangkan lelang pada 5 wilayah kerja dari total 16 wilayah kerja yang ditawarkan. Penandatanganan kerja sama diharapkan dapat dilakukan pada 8 Oktober mendatang, bersamaan dengan rapat kerja Menteri ESDM dengan KKKS.

 

Total komitmen pasti eksplorasi dari perusahaan-perusahaan tersebut untuk 3 tahun pertama masa eksplorasi mencapai US$ 91,5 juta dan bonus tanda tangan US$ 20 juta. Komitmen pasti tersebut terdiri dari studi geologi dan geofisika sebesar US$ 5,5 juta, survei seismik 2D sepanjang 9.500 km sebesar US$ 8 juta, survei seismik 3D sepanjang 2.850 km2 sebesar US$ 25 juta dan pemboran sumur eksplorasi 3 sumur dengan nilai investasi sebesar US$ 53 juta.

 

Mengenai hanya 5 pemenang lelang regular yang menjadi pemenang kali ini, Dirjen Migas Departemen ESDM Evita H. Legowo mengatakan tidak terlalu senang karena hasil ini jauh di bawah harapan.

 

“Kami sudah mencoba mengoreksi diri, mengapa hal ini bisa terjadi. Saya harap investor tetap mau bekerja sama dengan kami,” kata Evita.

 

Berdasarkan hasil analisa, lanjutnya, minimnya perusahaan yang memasukkan dokumen partisipasi adalah krisis ekonomi global, krisis nasional terutama terkait dengan cost recovery dan kondisi teknis.

 

“Pada waktu wilayah kerja ini ditawarkan pada bulan April, bersamaan dengan krisis global. Selain itu, isu mengenai cost recovery dan terakhir adalah kondisi teknis di mana ada beberapa lapangan yang menjadi tetangga wilayah kerja yang ditawarkan ternyata dryhole. Mereka takut akan bernasib seperti itu,” jelas Evita.

 

Berdasarkan data Ditjen Migas, dari 16 wilayah kerja yang ditawarkan, 15 diantaranya diminati investor. Namun ketika pemasukan dokumen, ternyata hanya 5 wilayah kerja yang betul-betul diminati.

 

Wilayah kerja migas yang tidak laku tersebut, akan kembali menjadi daerah bebas dan bisa ditawarkan kembali.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.