Launching Gerakan Sadar Energi, Menteri ESDM Nonton Bareng Siswa

Film Pulau Bintang menceritakan tentang energi serta pentingnya kesadaran untuk hemat energi dalam kehidupan sehari-hari  merupakan salah satu dari berbagai kegiatan dalam Gerakan Sadar Energi yang telah dilakukan sejak bulan Mei tahun 2013. Kegiatan lainnya adalah peluncuran buku komik Petualangan Energi dan buku Mozaik Minyak dan Gas Bumi Indonesia.

Menteri ESDM menyambut gembira gerakan sadar energi ini. "Komik dan animasi tersebut menjadi media kampanye penyadaran publik yang luar biasa efektifitasnya. Selain ampuh untuk memperluas perspektif publik mengenai persoalan energi dan lingkungan, media ini menjadi alat sosialisasi sejak anak berusia dini,” katanya.

Selain itu juga ada beberapa kegiatan yang berorientasi pada tindakan (afektif dan konatif) seperti Dongeng Kebangsaan: Energi untuk Kelangsungan Hidup Bangsa, New Leaf Summer Camp (workshop untuk pelajar SMA tentang pembuatan film bertema energi) dan Festival Film Sadar Energi  di beberapa kota di tanah air.

Lebih lanjut Wacik mengatakan, pasokan energi merupakan salah satu dari 3 hal yang menjadi kekhawatiran para pemimpin dunia saat ini terkait kelangsungan hidup bangsa. Jika tidak ada energi, kehidupan tidak akan berjalan. Oleh karena itu, sangat penting bagi manusia untuk memperlakukan energi sebaik-baiknya. Penghematan energi dimulai dari hal-hal kecil seperti mematikan lampu jika tidak dipakai atau menggunakan pendingin ruangan seperlunya.

Pada masa silam, katanya, Indonesia terhanyut oleh produksi minyak yang mencapai 1,6 juta barel per hari. Padahal, kebutuhan hanya 800.000 barel per hari. Alhasil, Indonesia menjadi salah satu negara pengekspor minyak. Namun keadaan itu kini terbalik. Produksinya minyak terus menurun hanya sekitar 800.000 hingga 900.000 barel per hari. Sedangkan kebutuhan mencapai 1,3 juta barel per hari.

“Produksi minyak terus turun. Sekarang kita cari gas dan energi lainnya seperti batubara dan energi baru terbarukan. Kita beruntung memiliki banyak energi. Tinggal tugas kita menggali untuk kelangsungan hidup bangsa,” tambahnya.  (TW)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.