Lapangan South Mahakam Mulai Dibor Juni

“Di bulan Juni kita akan mulai drilling,” ujar Hardy Pramono, Executive Vice President Operations and East Kalimantan District Manager pada Total E&P Indonesie, dalam pertemuan dengan Kepala BPMIGAS R. Priyono di Balikpapan, akhir pekan lalu, sebagaimana dilansir situs BPMIGAS.

Saat ini,  Total sudah menyelesaikan pemasangan 40 kilometer pipa dari total 60 kilometer yang dibutuhkan untuk pengembangan lapangan ini. Selain itu, platform lapangan ini diharapkan akan tiba pada bulan April.

Lapangan South Mahakam ini diharapkan bisa mulai berproduksi awal tahun 2013. Lapangan ini akan memproduksi gas dengan volume yang meningkat secara bertahap. Pada puncaknya, produksi gas lapangan ini diperkirakan akan mencapai 250 juta kaki kubik per hari (MMSCFD).

Di tahun ini, kontraktor asal Perancis ini juga berencana melakukan pengeboran 4 sumur minyak di Lapangan Handil yang juga berlokasi di Blok Mahakam. Sumur minyak ini diharapkan akan menyumbangkan produksi liquid antara 2.500 sampai 4.000 barel per hari mulai tahun depan.

Aussie Gautama, Vice President Geoscience and Reservoir pada Total E&P Indonesie, mengatakan saat ini perusahaan tersebut sedang mengajukan permohonan adanya insentif untuk pengembangan empat sumur yang berlokasi di lapangan tua tersebut.

“POD (plan of development) nya sudah disetujui, tetapi menimbang dia itu risky dan economic-nya limited, kami mohon disini kebijakan untuk dipertimbangkan diberi insentif untuk ini,” ujar Aussie.

Tahun 2011 lalu Total E&P Indonesie memproduksi 2.228 MMSCFD gas dan 81.600 liquid.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.