LEMIGAS Mulai Uji Coba Bahan Bakar B40 pada Mesin Genset Gedung

Berita

JAKARTA - Pemerintah kembali berencana untuk meningkatkan penggunaan campuran Bahan Bakar Nabati (BBN) biodiesel dengan solar. Kali ini targetnya agar bisa meningkatkan campuran menjadi 40% atau B40. Terbaru, Balai Besar Pengujian Minyak dan Gas Bumi (BBPMGB) LEMIGAS mengadakan Pelaksanaan Uji Startability Genset Gedung menggunakan bahan bakar B40.

Mustafid Gunawan, Kepala LEMIGAS, menjelaskan setelah melakukan Pengujian B40 pada 12 kendaraan mobil di pada tahun 2022 yang meliputi enam kendaraan di antaranya kelas berat di bawah 3,5 ton dengan target harian jarak tempuh 560 km dan total 50 ribu km. "Sekarang Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui BBPMGB LEMIGAS sebagai pelaksana pengujian, melakukan pengujian B40 pada mesin genset dan kendaraan berat industri," ungkap Mustafid dalam keterangannya, Senin (20/5).

Uji Startability ini dibuka Kepala Balai LEMIGAS yang di wakili oleh Koordinator Kelompok Pengujian Aplikasi Produk Cahyo Widodo, dan dihadiri oleh perwakilan Dirjen EBTKE, APROBI, BPDPKS, MIGAS, PLN PUSAT, PLN PUSLITBANG, BRIN. Diawali dengan dengan pembukaan dan pemaparan tentang persiapan Uji Startability, dilanjutkan dengan kunjungan ke beberapa genset yang sudah disiapkan untuk pengujian yang ada di lingkungan komplek Perkantoran LEMIGAS.

Pengujian dilakukan dengan empat genset pembangkit gedung dengan empat merk yang berbeda di kawasan BBPMGB LEMIGAS. Pengujian dimulai pada tanggal 20 Mei 2024 dan akan selesai pada tanggal 16 Oktober 2024. "Parameter pengujian yang dilakukan meliputi temperatur lingkungan genset, kelembaban lingkungan genset, temperatur bahan bakar B40 genset, temperatur oli genset, dan tegangan aki genset," ujar Mustafid.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.