Kunjungan Menteri ESDM ke PT Darmex Biofuel

Dalam kunjungan tersebut, Purnomo didampingi oleh Staf Ahli Menteri bidang SDM dan Teknologi Luluk Sumiarso, SAM bidang Informasi dan Komunikasi Kardaya Warnika, Dirjen Migas Evita H. Legowo, Dirjen LPE J. Purwono, Kepala Biro Perencanaan dan Kerja Sama Sutijastoto, Direktur Pemasaran dan Niaga PT Pertamina Achmad Faisal, serta direksi PT PLN yang mewakili Dirut PT PLN.

Setelah melakukan survei lapangan, pada konferensi pers Purnomo menyatakan pentingnya usaha untuk mendorong Bahan Bakar Nabati sebagai alternatif bahan bakar. Jatuhnya harga minyak, lanjut Purnomo, mempengaruhi harga komoditi lain. Untuk mendorong BBN, pemerintah mengeluarkan mandatori BBN. Selain itu, pemerintah juga sedang mempertimbangkan Domestic Market Obligation (DMO) kepada produsen BBN.

Direktur Pemasaran Pertamina Achmad Faisal menyatakan bahwa sebanyak 300 SPBU di Jabodetabek sudah menyediakan BBN. SPBU tersebut memenuhi 5% kebutuhan bahan bakar masyarakat.

Menurut Purnomo, krisis yang saat ini terjadi merupakan blessing in disguise karena mendorong perkembangan BBN, yang diutamakan untuk kebutuhan domestik.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.