Kunjungan Kerja Menteri ESDM Dalam Rangka Pembentukan Kota Gas di Palembang


Rombongan disambut Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, Walikota Palembang Eddy Santana dan pejabat terkait lainnya.
 
Pembentukan Kota Gas merupakan salah satu wujud keseriusan pemerintah mendorong penggunaan gas untuk rumah tangga yang lebih murah, bersih dan aman terhadap lingkungan. Peningkatan pemanfaatan gas bumi untuk rumah tangga, diharapkan dapat mempercepat pengurangan penggunaan minyak bumi serta mengurangi subsidi BBM.
 
Khusus pemanfaatan gas bumi untuk rumah tangga, keterbatasan infrastruktur menjadi satu kendala. Karena itulah, tahun ini pemerintah membangun infrastruktur jaringan distribusi gas untuk rumah tangga di Palembang dan Surabaya yang di sekitarnya terdapat sumber gas dan jaringan transmisi. Diharapkan akhir tahun ini pembangunan sudah dapat diselesaikan.
 
Pasokan gas untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga di Kelurahan Lorok Pakjo dan Siring Agung, Kota Palembang dipasok dari PT Medco E&P Indonesia sebesar 1 MMSCFD dalam jangka waktu sampai akhir tahun 2013.
 
"Jangka waktu ini dapat diperpanjang," imbuh Evita.
 
Palembang dipilih sebagai pilot project pembangunan jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga dan diharapkan dapat mendorong pemerintah daerah ataupun badan usaha untuk mengembangkan jaringan gas untuk rumah tangga di daerah.
 
"Sebagai permulaan, jaringan distribusi gas dibangun pemerintah. Diharapkan nantinya swasta juga dapat membangun jaringan gas," kata Evita.
 
Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menyambut baik pembentukan Kota Gas. Ia mengharapkan agar pemerintah menambah pembangunan jaringan distribusi gas karena ketersediaan gas bumi di daerahnya cukup banyak.
 
"Selain gas bumi, potensi gas metana batu bara (CBM) kami juga besar," kata Alex.
Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.