Kilang Bontang Pasok LNG Untuk Domestik

Momentum ini juga menjadi pintu bagi kegemilangan industri LNG tanah air yang kedua, setelah pada dekade 70-an Indonesia berhasil menjadi pionir bagi monetisasi gas bumi menjadi LNG untuk tujuan ekspor melalui dua fasilitas kilang LNG yaitu di Bontang (Kalimantan Timur) dan Arun (NAD).

Hadir dalam pengapalan perdana ini, Dirjen Migas Kementerian ESDM Evita H. Legowo, Dirjen Kelistrikan Kementerian ESDM Jarman dan Wakil Kepala BPMIGAS Hardiono.

Dalam sambutannya, Dirjen Migas Kementerian ESDM Evita H. Legowo menyambut baik pengapalan perdana tersebut dan berharap pencapaian ini akan menjadi awal terciptanya keseimbangan pemanfaatan energi di Indonesia.

Dikatakannya, sebanyak 65% energi dimanfaatkan di Indonesia bagian Barat atau Pulau Jawa. Padahal, sebagian besar sumber energi berlokasi di luar Jawa. Jika sumber energi seperti gas itu tidak bisa dibawa ke Indonesia bagian Barat, maka dapat mengganggu pertumbuhan ekonomi.

Pengiriman LNG tersebut diperkirakan tiba di lokasi FSRU Teluk Jakarta di Muara Karang pada 30 April 2012. FSRU Teluk Jakarta yang bernama Nusantara Regas Satu, telah selesai dibangun di Jurong Shipyard, Singapura, dan telah dikirim ke Muara Karang untuk mulai menerima pasokan LNG dari Bontang. FSRU itu mentediakan gas untuk pembangkit listrik PT PLN melalui jaringan pipa offshore sepanjang kurang lebih 15 kiometer.

Gas yang digunakan PT Badak NGL untuk menghasilkan LNG dipasok dari Blok Mahakam dengan operator Total E&P Indonesie. Sampai dengan 21 April 2012, PT Badak NGL telah melakukan 8.085 pengapalan LNG yang sepenuhnya diekspor dan hasilnya sepenuhnya menjadi pemasukan negara. PT Badak NGL akan memasok LNG sebesar 11,27 juta ton selama 11 tahun untuk PT Nusantara Regas sebagai bentuk dukungan program pemerintah dalam program diversifikasi energi.

PT Nusantara Regas merupakan perusahaan patungan antara PT Pertamina (Persero) dan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk dengan komposisi saham masing-masing 60% : 40%.

 

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.