Keuntungan Terbatas, Pemerintah Bangun Jaringan Gas Untuk Rumah Tangga

Hingga tahun 2011, jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga telah dibangun 11 kota yaitu Kota Palembang, Kota Surabaya, Bekasi, Depok, Tarakan, Sidoardjo, Rusun Jabodetabek, Sengkang, Bontang, Sidoardjo tahap II dan Bekasi.

Untuk tahun ini, jaringan gas akan dibangun di Prabumulih, Jambi, Bogor, Cirebon dan Kalidawir. Sementara tahun 2013, rencananya akan dibangun di Sorong, Subang, Blora, Ogan Ilir. Tahun 2014, akan dibangun juga di Samarinda, Muara Enim, Lampung, Balikpapan dan Lhokseumawe.

Dirjen Migas Kementerian ESDM Evita H. Legowo mengemukakan, meski jaringan gas ini dibangun oleh pemerintah, namun terbuka kesempatan bagi KKKS yang ingin menggunakan dana  CSR-nya untuk membantu pemerintah menyiapkan infrastruktur gas untuk rumah tangga.

Program pembangunan jaringan distribusi gas bumi, dilakukan di kota-kota atau daerah yang memiliki atau dekat dengan sumber gas bumi. Diutamakan daerah yang telah memiliki fasilitas jaringan gas bumi karena akan meringankan pembiayaan yang berasal dari APBN.


Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.