Kenaikan Harga Gas Akan Ditinjau Ulang


“Tentu hasil akhir yang kami harapkan, baik bagi kepentingan nasional secara keseluruhan. Baik kepentingan di hulu, apa harga gas dibiarkan sebegitu-sebegitu, tidak menarik dan tidak fair. Kemudian juga di hilir, di industri, kita akan lihat berapa harga yang pantas,” kata Menteri ESDM Jero Wacik di Kementerian ESDM, Selasa (19/6).

 

Harga yang pantas itu, lanjutnya, berarti harga tetap naik tapi pantas, sehingga kegiatan migas bisa berjalan dengan baik. Demikian pula industri yang tetap mendapat untung, meski harga gas naik. Mengenai besaran kenaikan harga gas tersebut, saat ini sedang dihitung oleh Ditjen Migas, BPMIGAS dan PT PGN.

 

“Jadi berikan waktu kepada kami, selambat-lambatnya dalam waktu satu minggu akan selesai angkanya,” tambah Wacik.

 

Sementara itu mengenai usulan agar kenaikan harga gas dilakukan secara bertahap, pemerintah juga sedang mempertimbangkannya. Termasuk juga waktu yang tepat, seperti sebelum Lebaran atau sesudahnya. Pemerintah mengharapkan agar masyarakat bersabar dan tidak mempolitisasi masalah ini.

 

“Jangan yang begini dipolitisasi. Ini bukan politik tapi bagaimana kita menjalankan industri dengan baik. Kebutuhan gas kita memang naik karena ekonomi kita membaik. Tidak  banyak negara tumbuh 6,5%. Malah industri kita tumbuh lebih dari 6,5-6,9%,” ujarnya.

 

Menteri Perindustrian MS Hidayat menambahkan, besok (Rabu, 20/6), asosiasi industri akan bertemu dirinya dan Menteri ESDM untuk membahas hal ini. Hidayat juga menyampaikan apresiasinya kepada jajaran Kementerian ESDM karena dalam pertemuan yang berlangsung 1 jam pada hari ini, dapat diperoleh kesepakatan yang prinsip.

 

Hadir dalam pertemuan tersebut, antara lain Wamen ESDM Rudi Rubiandini, Dirjen Migas Kementerin ESDM Evita H. Legowo dan Kepala BPMIGAS R. Priyono.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.