Kenaikan Harga BBM Opsi Terakhir

“Kenaikan harga BBM adalah cara terakhir kalau tidak ada lagi cara lain,” kata Presiden pada acara Milad ke 10 Partai Keadilan Sejahtera, Minggu (4/5), seperti dikutip Republika.

 

Sejumlah cara lain untuk mengatasi persoalan kenaikan harga minyak yang memberatkan APBN itu, menurut SBY, adalah dengan menerapkan diversifikasi, pembatasan dan penghematan pemakaian BBM. Dia juga meminta masyarakat yang kuat atau kaya, menolong masyarakat yang lemah atau miskin.

 

Presiden PKS Tifatul Sembiring yang memberikan sambutan sebelum Presiden SBY, meminta pemerintah tak buru-buru menaikkan harga BBM kendati situasinya sangat dilematis.

 

Mantan Ketua DPR, Akbar Tanjung, menilai sikap pemerintah yang tidak terburu-buru menaikkan harga BBM sudah tepat. Akbar mendukung upaya penghematan. Namun ia meminta dimulai dari lingkungan pemerintah.

 

Pengalihan mitan

 

Sementara itu, program pengalihan minyak tanah ke elpiji untuk rumah tangga di wilayah DKI Jakarta telah selesai dilaksanakan pada minggu IV April 2008 di mana jumlah rumah tangga yang telah mendapatkan paket perdana konversi adalah 1.916.009 KK. Untuk usaha mikro (UKM) di DKI Jakarta, sampai dengan 29 April 2008 telah didistribusikan paket perdana sebanyak 147.532 UKM. Alokasi minyak tanah di DKI Jakarta tinggal 165 KL per hari atau kira-kira 5% dari kebutuhan awal DKI sebelum adanya program ini.

 

Secara nasional, paket perdana konversi telah didistribusikan sebanyak 6,6 juta paket kepada rumah tangga dan UKM.

 

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.