KUD Kelola Sumur Tua

Sumur yang diproduksikan tersebut terletak di Banyubang, Kecamatan Jiken, kabupaten Blora, Jawa Tengah. Sumur-sumur tua tersebut merupakan sumur peninggalan Belanda yang dibor sebelum tahun 1970 dan tidak diusahakan oleh Pertamina EP.

Dalam kegiatan tersebut, KUD Wargo Tani Makmur akan memproduksikan minyak bumi dari sumur-sumur tua untuk selanjutnya menyerahkan kepada Pertamina EP di titik penyerahan sesuai dengan mutu dan spesifikasi yang telah ditetapkan. Sebaliknya, Pertamina akan memberikan imbalan jasa berdasarkan jumlah aktual minyak bumi yang diserahkan. Imbalan itu merupakan pengganti biaya operasi memproduksi minyak bumi pengusahaan sumur tua yang merupakan kesepakatan Pertamina EP dengan KUD. Tarif dasar sebesar Rp 1.199 per liter diberlakukan untuk produksi sampai dengan 20 barel per hari setara 3.180 liter per hari. Untuk produksi di atas 20 barel per hari akan diberikan insentif dengan mekanisme sliding scale yaitu sebesar Rp 100 per liter untuk setiap kenaikan 20 barel per hari. Pemberian insentif tersebut sampai dengan batas maksimal 300 barel per hari.

Kerja sama antara KUD dan Pertamina ini merupakan implementasi Peraturan Menteri ESDM No. 01 Tahun 2008 tentang Pedoman Pengusahaan Pertambangan Minyak Bumi pada Sumur Tua. Aturan tersebut menyatakan bahwa kegiatan mengusahakan dan memproduksikan minyak bumi dari sumur tua dapat dilakukan oleh KUD atau BUMD dengan mengajukan proposal kepada KKKS yang dilengkapi persyaratan teknis dan administrasi, antara lain rekomendasi dari Pemerintah Kabupaten/Kota dimana lokasi sumur tua berada dan persetujuan dari Pemerintah Propinsi. Agar dapat dilaksanakan, proposal yang telah memenuhi syarat harus mendapat persetujuan KKKS untuk kemudian diajukan ke Menteri ESDM melalui BPMIGAS untuk mendapat persetujuan.

Total sumur tua minyak bumi Indonesia mencapai 13.824 sumur. Perinciannya: Sumatera bagian selatan 3.623 sumur, Sumatera bagian utara 2.392 sumur, Sumatera bagian tengah 1,633 sumur, Kalimantan Timur 3.143 sumur, Kalimantan Selatan 100 sumur, Jawa Tengah-Jatim-Madura 2.496 sumur, Papua 208 sumur dan Seram 229 sumur. Pemerintah berniat akan mengaktifkan sekitar 5.000 sumur tua yang dinilai masih potensial.

Penandatanganan kerja sama antara KUD dan Pertamina ini disaksikan Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro, Dirjen Migas Departemen ESDM Evita H. Legowo dan Kepala BPMIGAS R. Priyono.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.