KKKS Puji Langkah Cepat Pemerintah

"Kami mengapresiasi langkah cepat Pemerintah yang mengambil alih tugas-tugas pengelolaan dan pengusahaan industri hulu migas," ujar Lukman Mahfoedz, Presdir PT Medco Energi Indonesia.

Kalangan KKKS, katanya, merasakan mendapat jaminan kepercayaan saat mendapat kabar bahwa Perpres No 95 tahun 2012 tentang pengalihan fungsi dan tugas eks BPMIGAS ke Kementerian ESDM.

Penjelasan Lukman dikemukakan usai bersama pengurus IPA serta sejumlah pimpinan KKKS seperti ExxonMobil, Chevron Indonesia dan Premier Oil dan Salamander mengadakan pertemuan dengan Menteri ESDM Jero Wacik di Hotel Patra Jasa, Kuta, Bali, Jumat (16/11) malam. Pertemuan berlangsung sekitar satu jam, usai makan malam.

Pendapat senada juga disampaikan CEO PT Chevron Indonesia, Jeff. "Kami sebagai perusahaan yang telah lama menjalin kerja sama dengan Pemerintah, menyambut baik dengan langkah-langkah Pemerintah. Kami mendapat jaminan bahwa iklim usaha industri migas tetap berjalan dengan baik," papar Jeff. PT Chevron Indonesia merupakan KKKS yang memproduksi minyak mentah paling besar di Indonesia.

Sedang VP PT Ephindo, Sammy Hamzah mengungkapkan, kalangan KKKS merasa langkah cepat Pemerintah itu sangat tepat dan baik. "Secara pribadi, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas respon cepat Pemerintah," ujar Sammy yang juga Wakil ketua IPA tersebut.

Pada kesempatan tersebut Menteri ESDM mengungkapkan, tindakan cepat diambil Pemerintah mengingat industri hulu migas sangat sensitif dalam hitungan detik.

"Sebab, produksi minyak mentah itu kalau berhenti, kerugian yang ditanggung sangat besar. Selain itu, usaha ini padat modal sekaligus padat teknologi," papar dia.

Pertemuan dengan KKKS, menurut Menteri ESDM Jero Wacik, sebagai upaya membangun kepercayaan antara Pemerintah dengan KKKS pasca keputusan MK yang membubarkan BPMIGAS. Oleh sebab itu, meski pada Senin (19/11) malam nanti akan bertemu dengan KKKS di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, disempatkan bertemu dengan pengurus IPA dengan KKKS di Bali, kemarin.

 

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.