Jaringan Gas di Palembang dan Surabaya Selesai Dibangun Akhir Tahun

Saat ini, menurut Dirjen Migas Departemen ESDM Evita H. Legowo, pemerintah sedang menunggu kepastian pasokan gas secara tertulis dari BPMIGAS.

“Sebetulnya secara lisan sudah (ada pasokannya), namun kita tunggu tertulisnya,” kata Evita.

Segera setelah kepastian pasokan gas secara tertulis diterima, lanjut Evita, pemerintah akan segera melakukan tender untuk membangun jaringan gas tersebut.

Untuk tahun ini, jaringan gas kota akan dibangun di Kelurahan Lorok Pakjo dan Siring Agung di Kota Palembang yang akan mengaliri 4200 rumah serta Kelurahan Rungkut Kidul dan Kalirungkut di Kota Surabaya yang akan mengaliri 3200 rumah. Pembangunan dilaksanakan pemerintah melalui anggaran Ditjen DIPA Ditjen Migas tahun 2009.

Pada tahun 2009 ini juga akan dilakukan Front End Engineering Design (FEED) dan Design Engineering & Design Construction (DEDC) untuk 9 kota yaitu Tarakan, Bontang, Samarinda, Balikpapan, Sorong, Lhokseumawe, Jambi, Prabumulih dan Semarang. Tahun lalu, pemerintah telah melakukan FEED dan DEDC di 6 kota yaitu Bekasi, Depok, Surabaya, Blora, Medan dan Palembang.

Sementara untuk tahun 2010 mendatang, pemerintah akan membangun jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga di tiga kota yaitu Bekasi, Depok dan Tarakan (Kaltim) serta melakukan FEED dan DEDC jaringan gas bumi untuk rumah tangga di rumah susun Jabodetabek dan di Propinsi Jambi.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.