Jaringan Gas Kota Dibangun di Bekasi, Depok dan Tarakan Tahun Depan

Selain itu, akan dilakukan Front End Engineering Design (FEED) dan Design Engineering & Design Construction (DEDC) jaringan gas bumi untuk rumah tangga di rumah susun Jabodetabek dan di Propinsi Jambi.

Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro dalam penjelasannya kepada Komisi VII DPR mengemukakan, untuk tahun 2009, pembangunan jaringan distribusi gas bumi akan dilaksanakan di Kelurahan Lorok Pakjo dan Siring Agung di Kota Palembang yang akan mengaliri 4200 rumah serta Kelurahan Rungkut Kidul dan Kalirungkut di Kota Surabaya yang akan mengaliri 3200 rumah. Pembangunan dilaksanakan pemerintah melalui anggaran Ditjen DIPA Ditjen Migas tahun 2009.

Tahun ini juga akan dilakukan FEED dan DEDC jaringan gas kota untuk 9 kota hasil kajian BPH Migas tahun 2008 yaitu Tarakan, Bontang, Samarinda, Balikpapan, Sorong, Lhokseumawe, Jambi, Prabumulih dan Semarang. Tahun lalu, pemerintah telah melakukan FEED dan DEDC di 6 kota yaitu Bekasi, Depok, Surabaya, Blora, Medan dan Palembang.

Gas kota bertujuan untuk meningkatkan pemanfaatan gas bumi di dalam negeri sekaligus menggantikan peran minyak tanah dan elpiji.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.