Jajaran Ditjen Migas Kunjungi PT Welltekindo Nusantara

Kunjungan ini berkaitan dengan salah satu agenda utama migas yaitu pemberdayaan kapasitas nasional bidang migas. Tidak hanya memproduksi wireline unit dan power plant unit, PT Welltekindo Nusantara juga menyediakan jasa maintenance produksi. Selain itu, perusahaan yang berdiri sejak 1995 ini juga menyediakan jasa training centre yang program-programnya merupakan perpaduan dari badan standarisasi Amerika, Eropa dan sekolah migas Cepu.

 

Setiap tahunnya, jelas Erwin Nasution, Presiden PT Welltekindo Nusantara, perusahaannya mampu memproduksi sekitar 20 unit wireline unit dan power plant unit yang masing-masing unitnya dijual seharga US$ 200-300 ribu. Namun jumlah produksi ini bisa bertambah, tergantung permintaan konsumen.

 

Setelah mengunjungi pabrik dan mendapat penjelasan mengenai peralatan yang dihasilkannya, jajaran Ditjen Migas juga mengunjungi training centre yang berada di Desa Cibarusah, Bekasi. Tempat pendidikan ini sengaja dipilih di kawasan pedesaan, dengan tujuan agar para siswanya dapat lebih berkonsentrasi belajar.

 

“Saya sengaja memproduksi ini untuk membuktikan bahwa anak-anak bangsa juga memiliki kemampuan untuk itu. Jadi kita tidak perlu membeli dari luar negeri,” kata Erwin.

 

Menyaksikan kemampuan perusahaan dalam negeri memproduksi alat pengeboran minyak, Dirjen Migas mengaku puas dan berharap agar terobosan semacam ini juga dapat dilakukan oleh perusahaan jasa migas lainnya.

 

“Kalau wireline unit dan power plant unit ini bisa diproduksi sendiri, kenapa rig tidak? Selama ini banyak KKKS mengeluhkan ketiadaan rig. Seharusnya ini bisa kita buat sendiri. Kalau tidak pernah dimulai, kapan lagi kita akan jadi tuan rumah di negera sendiri?” katanya.

 

Pemberdayaan kapasitas nasional bidang migas, lanjut Luluk, perlu dilakukan untuk mengurangi ketergantungan pada pihak asing. Untuk itu diperlukan komitmen bersama dari para pelaku industri migas untuk menggunakan produk dalam negeri yang mutunya diakui dunia internasional.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.