Investasi Migas 2009 Ditargetkan US$ 16,6 Miliar

Demikian dikemukakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada pembukaan Konferensi dan Pameran IPA ke 33, kemarin sore. Hadir dalam pembukaan tersebut, Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro, Dirjen Migas Departemen ESDM Evita H. Legowo, Kepala BPMIGAS R. Priyono dan Ketua  IPA Roberto Lorato serta KKKS.

“Pemerintah sedang menyusun kebijakan untuk mengatasi masalah pajak di sektor migas guna mendorong investasi,” kata Presiden.

Dirjen Migas Departemen ESDM Evita H. Legowo dalam kesempatan terpisah mengemukakan, dari target US$ 16,6 juta tersebut, investasi dari sektor hulu migas diperkirakan sekitar US$ 13 juta dan sisanya merupakan investasi dari sektor hilir migas.

Meski demikian, imbuh  Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro, pemerintah meyakini investasi sektor ESDM tahun 2009 dapat mencapai  US$ 20 miliar.

Menurutnya, penandatanganan kontrak kerja sama migas yang dilakukan pada pembukaan IPA ke 33, menunjukkan masih tingginya investor hulu migas terhadap Indonesia. Dari 60 cekungan hydrocarbon saat ini, sebanyak 16 diantaranya telah terbukti menghasilkan migas.

“Masih terdapat peluang besar bagi investor untuk dapat menemukan lapangan migas di Indonesia,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan Ketua IPA Roberto Lorato. Dengan kondisi geologi  yang prospektif, Roberto optimis para KKKS akan melaksanakan komitmennya berinvestasi di Indonesia.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.