Indonesia-US Working Group on Energy Segera Diselenggarakan


Delegasi Indonesia pada Indonesia-US Working Group on Energy dipimpin oleh Dirjen Migas Kementerian ESDM Evita H. Legowo. Sedangkan Delegasi US dipimpin oleh Phyllis G. Yoshida.

 

Dalam pertemuan tersebut, kedua negara akan melakukan pembahasan mengenai kebijakan di sektor migas, geothermal dan energi terbarukan serta capacity building. Selain itu, energi bersih, kerja sama investasi proyek untuk kepentingan umum serta methane to market.

 

Pertemuan Joint Commission Meeting (JCM) I Indonesia-US telah dilaksanakan pada 17 September 2010. JCM merupakan komponen kunci dari komitmen jangka panjang antara Presiden Obama dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk memperluas, memperdalam dan meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia dan Amerika Serikat untuk menghadapi tantangan abad ke 21.

 

Pertemuan tersebut diketuai oleh US Secretary of State Hillary Rodham Clinton dan Menlu RI Marty Natalegawa. Kedua negara sepakat membentuk komisi bersama yang merupakan bagian dari kerangka kemitraan menyeluruh dalam memperkuat kerja sama bilateral di berbagai bidang dalam upaya memajukan perdamaian, stabilitas serta kesejahteraan ekonomi di Indonesia, AS dan dunia.

 

Terbentuknya komisi bersama itu diikuti dengan diluncurkannya rencana aksi kemitraan Indonesia-AS yang mencakup kerja sama di bidang politik, keamanan, ekonomi, pembangunan, sosial, budaya, pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk melaksanakan rencana aksi tersebut, dibentuk 7 working group, yang salah satunya adalah working group on energy.  Working group on energy diharapkan dapat membahas dan meningkatkan kerja sama sektor energi kedua negara.

 

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.