Indonesia-Thailand Jalin Kerja Sama Biofuel

“Thailand tertarik biofuel.  Kita akan kerja sama lebih dalam,” kata Dirjen Migas Kementerian ESDM Evita H. Legowo.

 Selain biofuel, lanjut Evita, pada pertemuan The 2 Indonesia-Thailand Energy Forum (ITEF) yang diselenggarakan di Jogjakarta, 28-29 Juli 2010, Thailand juga menyatakan keinginan untuk bekerja sama meningkatkan kemampuan sumber daya alam migas, eksplorasi baru serta peningkatan kemampuan dalam negeri dalam energy services.

 Ã¢â‚¬ÂSelama ini, pendidikan SDM migas Thailand dilakukan oleh perusahaan. Kalau kita kan punya diklat khusus. Dia tertarik itu,” tambah Evita.

 Thailand juga menyatakan keinginannya untuk membeli gas dari Blok Natuna D Alpha, jika lapangan itu berproduksi nantinya.

 Menanggapi sejumlah keinginan Thailand itu, Indonesia berjanji akan mengkoordinasikannya dengan instansi terkait.

 Dalam pertemuan yang berlangsung dua hari itu, Delegasi Indonesia dipimpin Dirjen Migas Kementerian ESDM Evita H. Legowo. Sementara Delegasi Thailand dipimpin Dirjen Departemen Mineral, Kementerian Energi Thailand.

 Dalam pertemuan yang mengambil tema, “Strengthening Cooperation and Tightening Friendship in Energy Sektor” tersebut, kedua negara melakukan pemaparan mengenai isu-isu di sektor migas, ketenagalistrikan serta mineral dan batu bara, di negara masing-masing.

 Khusus mengenai minyak dan gas bumi, hal-hal yang dibahas adalah kebijakan dan peluang di bidang migas dan CBM, bisnis LNG di Indonesia, bisnis hilir migas, perkembangan BBN di Indonesia dan industri penunjang migas, perkembangan bisnis PT Pertamina serta manajemen migas Thailand.

 Indonesia-Thailand Energy Forum merupakan hasil kesepakatan dari serangkaian pertemuan sebelumnya yang telah mulai dibicarakan pada pertemuan Presiden RI dan PM Thailand pada Oktober 2006 di Jakarta. Terakhir, pada 21 Desember 2007 di Bangkok  disepakati dibentuk Energy Forum yang ditandatangani menteri energi kedua negara.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.